Sukses

Resep Kudapan Praktis Berbahan Rolled Oat Kreasi Chef Devina Hermawan

Apa beda rolled oat dan oat biasa?

Liputan6.com, Jakarta - Oat dikenal dengan citra makanan sehat. Sebagian orang tak menyukainya karena rasa tawar dengan after-taste sedikit apek. Nyatanya, makanan sehat ini ternyata bisa diolah menjadi kudapan lezat di tangan Chef Devina Hermawan.

Oat merupakan serealia yang diihasilkan oleh tumbuhan Avena Sativa. Makanan ini lekat dengan kandungan serat tinggi dan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan. Di dalamnya juga terdapat beta-glukan yang membantu mengelola adar kolesterol dalam darah.

Oat memiliki banyak varian. Salah satunya adalah rolled oat atau kepingan oat utuh yang baru saja diluncurkan sebagai produk terbaru Quaker Indonesia. 

Rolled oat diproses dengan menghasilkan cacahan oat lebih besar. Kepingan utuh ini bisa terbilang fleksibel, bisa dimasak dalam lima menit dan ditambahkan punggasan favorit. Rolled oat juga bisa sebagai pengganti tepung yang bisa dimanfaatkan untuk membuat beragam makanan agar lebih tinggi serat. 

"Ini merupakan saat yang tepat bagi kami untuk memperkenalkan varian Rolled Oat Quaker yang dapat membantu masyarakat menghasilkan menu makanan yang tidak hanya lezat, tetapi juga tinggi serat," kata Andina Mutya, Commercial Lead Quaker Indonesia, dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Jumat, 6 September 2021.

Terkait peluncuran ini, Quaker menggandeng Chef Devina Hermawan sebagai brand ambassador untuk berbagi kreasi makanan berbahan rolled oat. "Tantangan yang diberikan untuk menginspirasi masyarakat dengan menu makanan super sehat dan lezat menggunakan Quaker Rolled Oat memacu saya untuk terus berkreasi, membuat dan mengadaptasi resep-resep masakan yang saya miliki," ujar Chef Devina.

Untuk perdana, ia membagikan dua resep praktis yang bisa jadi kudapan sehat untuk anggota keluarga di rumah. Bagaimana cara membuatnya? Simak detailnya berikut ini.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Overnight Oat Cheesecake

 

Bahan-Bahan:

Layer Toasted Oat

16 sdm Rolled Oat

4 sdm Almond, cincang

4 sdm Gula

¼ sdt Garam

Layer Cheesecake

200 g Light Cream Cheese

150 g Yoghurt Plain

1 sdt Ekstrak Vanila

¼ sdt Garam

Layer Rolled Oat

16 sdm Rolled Oat

235 ml Susu

8 sdm Topping Mixed Berries/Madu 

Cara membuat:

1.      Sangrai semua bahan Layer Toasted Oat.

2.      Layer Cheesecake: Kocok cream cheese hingga lembut dan merata, tambahkan yoghurt, vanilla dan garam, aduk rata.

3.      Layer Rolled Oat – rendam rolled oat dengan susu.

4.      Penyelesaian:

Siapkan jar/toples/gelas, masukkan semua bahan dimulai dari Layer Toasted Oat, Layer Cheesecake, dan Layer Rolled Oat (campuran rolled oat direndam susu). Dinginkan di kulkas minimum4 jam, dan tambahkan topping sesukamu. Resep untuk 3--4 porsi.

 

 

 

3 dari 4 halaman

Rolled Oat Bread

Bahan-Bahan:

Bahan Oat Bread

300 g Tepung Terigu Protein Tinggi

35 g Rolled Oat, haluskan

35 g Gula Palem

5 g Ragi Instan

155 g Susu/Susu Almond

1 btr Telur

Bahan Tambahan

30 g Margarin

3 g Garam

Bahan Topping

60 g Rolled Oat 

Cara Membuat:

1.  Campurkan semua bahan oat bread, aduk dengan mixer hingga setengah kalis, lalu masukkan bahan tambahan. Mixer kembali hingga kalis elastis. Diamkan selama 60 menit dalam keadaan tertutup hingga adonan mengembang.

2.  Kempeskan adonan yang sudah mengembang, lalu pipihkan memanjang. Taburkan rolled oats kemudian gulung, pindahkan ke dalam l berukuran 20cm x 10cm x 14cm. Istirahatkan kembali selama 30 menit dalam keadaan tertutup hingga mengembang.

3.   Oles permukaan roti yang sudah mengembang dengan air, taburkan rolled oat sebagai topping. Panggang di oven dengan suhu 180 derajat selama 30 menit.

 

Kalo ga sempet masak sendiri, yuk PO saja di ManisdanSedap, banyak masakan rasa rumahan yang pas buat lauk makan siangmu. Berasa dimasakin ibu.

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

4 dari 4 halaman

Camilan Tradisional Tampil Kekinian

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.