Sukses

3 Olahraga yang Bisa Bermanfaat Membuat Kualitas Tidur Lebih Baik

Sekitar 20 persen populasi di seluruh dunia menghadapi masalah tidur seperti insomnia, kurang tidur atau masalah tidur lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Tingkat pekerjaan yang tinggi sampai aktvitas yang padat kerap membuat seseorang mengalami stres. Alhasil, kepala sering pusing sampai susah tidur. 

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Sleep, sekitar 20 persen populasi di seluruh dunia menghadapi masalah tidur seperti insomnia, kurang tidur atau masalah tidur lainnya.

Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satunya berolahraga. Tidak hanya membantu menurunkan berat badan, berolahraga juga bisa mengatur ritme sirkadian yang mengatur siklus tidur-bangun dan membantu tidur lebih nyenyak.

Lantas, olahraga apa yang mampu meningkatkan kualitas tidur? dilansir liputan6 berikut penjelasannya. 

Aerobik

Olahraga satu ini dinilai menjadi cara agar kita mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Anda cukup melakukan aerobik pada pagi hari atau usai bekerja. 

Perlu diketahui, latihan aerobik juga bisa meningkatkan suhu tubuh. Setelah 30-90 menit, tubuh mulai mendingin sendiri dan penurunan suhu tubuh ini menandakan tubuh butuh istirahat, sehingga kamu akan mengantuk.

Yoga

Masalah tidur sering terjadi pada orang dewasa. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa yoga harian bisa membantu meningkatkan kualitas tidur, mengurangi gangguan tidur dan juga membantu seseorang bangun dengan bersemangat di pagi hari.

Badminton

Olahraga yang tengah menjadi sorotan ini, menjadi salah satu olahraga yang bisa memperbaiki kualitas tidur seseorang. Pasalnya, ketika bermain badminton, anggota tubuh akan bergerak yang akan membuat tubuh ingin beristirahat. Anda bisa bermain badminton usai bekerja. Setidaknya, Anda lakukan olahraga ini 3 kali dalam seminggu. 

Berbeda dengan dua olahraga lain di atas, badminton perlu menggunakan raket badminton dan dimainkan lebih dari satu orang. Kalaupun Anda tidak memiliki raket, bisa beli di Tokopedia. Beragam merek dan jenis raket tersedia di marketplace tersebut. 

Bicara harga, tenang di Tokopedia Anda bisa mendapatkan raket dengan harga yang terjangkau. Tak hanya produk untuk badminton, Tokopedia juga menyediakan beragam alat untuk olahraga lainnya. Mulai dari Sepatu Futsal sampai Bola Basket. 

Sama seperti raket, dua perlengkapan olahraga itu memiliki banyak merek dan varian yang bisa Anda pilih. Jangan lupa, manfaat promo yang tersedia di Tokopedia. Mulai dari cashback sampai gratis ongkir. Buruan sebelum kehabisan. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini