Sukses

Usaha Masuk Tahun ke-5, Ini Rahasia Keberhasilan Kuliner Tenda Medan

Liputan6.com, Jakarta Tak pernah disangka sebelumnya, menjalankan bisnis kuliner dapat bertahan hingga lima tahun. Ya, itulah yang dirasakan Balwin, pemilik usaha Kuliner Tenda Medan. 

Saat berbincang dengan tim Liputan6.com. Balwin menjelaskan bahwa ide menjalankan usahanya tercetus dari seorang teman yang sering memesan makanan khas Medan buatannya. 

"Memang awalnya karena saya hobi memasak. Lalu ide berjualan ini tercetus dari teman dan menurutnya masakan saya bisa jadi cuan bisnis kuliner," kata Balwin beberapa waktu lalu. 

Bermodal passion-nya dibidang masak-memasak dan berbekal resep keluarga dari tanah kelahirannya di Siantar, Medan, Balwin pun mulai menjual makanannya dengan sistem pre order (PO). 

"Saya mulai berjualan secara PO dari rumah sudah lima tahun, dengan PO maksimal H-3," jelasnya. 

Menyoal menu, Balwin menjelaskan kalau Kuliner Tenda Medan yang paling dicari biasanya nasi gurih, lontong medan, dan soto ayam. Semua menu-menu tersebut dibuat dengan mengandalkan resep keluarga yang kaya rempah. 

"Masakan Medan terkenal kaya rempah dan saya memasak tidak memakai MSG. Semuanya diolah dengan bumbu-bumbu yang kuat dan rempah-rempahan. Masakan kami bisa dibilang otentik atau asli Medan," kata Balwin. 

Nah menyoal PO, biasanya pesanan diantar dari rumah ke rumah. Namun tak jarang ada yang memesan untuk acara kantoran dan pengajian. 

"Pesanannya ada yang dari daerah Menteng bahkan Bogor juga ada," katanya. 

Meski sudah lima tahun menjalankan bisnis kuliner secara sistem PO, Balwin mengaku tak khawatir. Kini bahkan Balwin membuka usaha Kuliner Tenda Medan ala warteg yang baru berjalan di awal 2021. 

Untuk pesaing, Balwin tak terlalu ambil pusing. Dia menegaskan kalau rasa yang dihadirkan di setiap menunya dijamin pas sesuai lidah dan ramah di kantong. Saat ini, Balwin sedang menyiapkan menu terbarunya, yaitu Ayam Andaliman. 

Buat kalian yang penasaran dengan Kuliner Tenda Medan, bisa memesannya lewat ManisdanSedap.com. Untuk diketahui, ManisdanSedap.com hadir mendukung pemilik UMKM, khususnya yang menawarkan pre-order kuliner di seluruh Nusantara.

ManisdanSedap.com merupakan bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse) sebagai Digital Media Network yang juga menaungi Liputan6.com, Merdeka.com, KapanLagi.com, Dream.co.id, Brilio.id, Fimela.com, Bola.com, Bola.net, dan Otosia.com. 

Platform ini memudahkan penikmat kuliner untuk menemukan dan memesan beragam produk dari seller PO. Menjadi ‘etalase’ yang memajang jualan para seller, tersedia juga fitur tombol langsung ke nomor WhatsApp seller.

Sekali klik, pembeli bisa berinteraksi, memesan, hingga melakukan transaksi terpisah dari platform. Bisa bantu pemasaran usaha kuliner rumahanmu.

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

(*)