Sukses

Khasiat Minyak Argan Bagi Kecantikan Kulit, Gak Kalah dengan Minyak Zaitun

Minyak argan adalah minyak yang dihasilkan dari ekstraksi biji pohon argan yang banyak tumbuh di wilayah Timur Tengah, terutama Maroko.

Liputan6.com, Jakarta Popularitas minyak argan memang tidak sebesar minyak-minyak lain yang berasal dari Timur Tengah. Meski begitu, manfaat minyak ini tidak kalah dengan minyak zaitun. Dengan kandungan vitamin A dan E, minyak satu ini seringkali digunakan sebagai bahan dasar skincare.

Sejatinya, minyak argan adalah minyak yang dihasilkan dari ekstraksi biji pohon argan yang banyak tumbuh di wilayah Timur Tengah, terutama Maroko. Minyak argan ini memiliki julukan sebagai ‘emas cair’, karena khasiatnya yang begitu besar bagi tubuh, khususnya untuk melembabkan kulit yang telah dikenal sejak jaman sebelum masehi.

Untuk mendapatkan minyaknya, buah harus dikeringkan dulu (biasanya di bawah sinar matahari), lalu kacangnya diekstraksi, dipecahkan, dan diperas, sehingga minyaknya keluar. Jumlahnya yang sangat sedikit dan pohon ini hanya dapat tumbuh di satu negara, sehingga minyak Maroko dianggap sebagai salah satu minyak langka. Hal itu pula yang menjadi alasan minyak argan dikenal memiliki harga yang sangat mahal.

Selain kaya dengan vitamin A dan E, minyak argan juga mengandung antioksidan, asam lemak omega-6, dan asam linoleat. Bila dioleskan ke kulit, trocopherol dari vitamin E, membantu meningkatkan produksi sel untuk meningkatkan kesehatan kulit dan rambut.

Berikut ini sejumlah manfaat minyak argan untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

1. Melembabkan Kulit

Manfaat minyak argan untuk kecantikan yang pertama yakni dapat dijadikan sebagai pelembab alami wajah. Minyak argan merupakan pelembab alami yang dapat dengan mudah terserap oleh kulit. Membuat kulit kita lebih lentur dan tidak mudah kering.

Tuangkan 2 – 3 tetes minyak argan ke telapak tangan, gosok sampai merata. Setelah itu, oleskan ke seluruh bagian wajah. Diamkan selama kurang lebih 10 menit agar minyak meresap, lalu bersihkan muka dengan sabun cuci muka.

2. Melembabkan Bibir

Selain minyak zaitun, minyak argan juga bisa lho digunakan untuk melembapkan bibir kamu. Mengoleskan minyak argan pada bibir secara rutin dipercaya mampu menjaga kelembapan, kehalusan dan kelembutan bibir. Tak hanya itu, khasiat minyak argan termasuk untuk mengatasi masalah bibir pecah-pecah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Minyak Argan

3. Mengatasi Jerawat

Ada jerawat di kulit wajah tentu jadi masalah yang menyebalkan. Apalagi masalah jerawat setiap orang bisa berbeda-beda. Minyak argan bisa coba digunakan untuk mengatasi jerawat kamu.

Khasiat minyak argan yang satu ini diperoleh dari kadar asam linoleate yang tinggi di dalamnya. Asam linoleat terbukti efektif mengatasi peradangan (inflamasi) pada kulit wajah yang memicu timbulnya jerawat. Tak hanya itu, zat ini juga sekaligus berperan memperbaiki sel kulit yang mengalami kerusakan.

4. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini ditandai oleh munculnya kerutan pada kulit, hingga mengurangnya elastisitas serta tingkat kekencangan kulit. Manfaat minyak argan termasuk mencegah dan mengatasi penuaan dini pada kulit. Kandungan zat pada minyak argan dipercaya ampuh untuk merawat elastisitas kulit, pun meningkatkan resistensi kelembapannya sehingga kulit senantiasa tampil awet muda.

Khasiat minyak argan untuk menghilangkan kerutan pada kulit dikarenakan minyak ini juga efektif untuk mengatasi masalah pada kolagen dan elastin kulit, yang mana keduanya merupakan penyebab munculnya kerutan.

5. Menghilangkan Stretch Marks

Stretch marks adalah salah satu masalah pada kulit yang kerap dikeluhkan oleh para wanita, terutama mereka yang baru saja melahirkan secara Caesar. Manfaat minyak argan selanjutnya yakni dapat menghilangkan strech marks.

Kandungan zat asam lemak omega-6 dan vitamin E pada minyak argan dapat mencegah dan mengatasi stretch marks pada kulit, terutama di area perut. Hal in karena kedua zat tersebut berfungsi untuk memproduksi kolagen, di mana kolagen ini nantinya bisa membuat kulit jadi lebih kuat sehingga bebas dari kemunculan stretch marks.

6. Mencegah Kerusakan Kulit

Manfaat minyak argan untuk kecantikan selanjutnya yakni dapat mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Dengan formula antioksidan dan kandungan vitamin E yang sangat tinggi, minyak argan akan melindungi kulit Anda dari efek buruk sinar matahari dan berbagai radikal bebas.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini