Sukses

Kaya Gizi dan Nutrisi, Ini Dia Segudang Manfaat Air Kelapa Bagi Tubuh

Air kelapa mengandung banyak jenis elektrolit esensial bagi tubuh manusia, yaitu kalsium, magnesium, fosfor, kalium, dan natrium.

Liputan6.com, Jakarta Sudah sejak lama air kelapa dikenal sebagai minuman yang menyegarkan dan pelepas dahaga. Karena memberi manfaat untuk menggantikan cairan dan elektrolit yang hilang, air kelapa kerap dikonsumsi setelah berolahraga maupun saat cuaca sedang panas. 

Sejatinya, air kelapa mengandung banyak jenis elektrolit esensial bagi tubuh manusia, yaitu kalsium, magnesium, fosfor, kalium, dan natrium. Dikutip dari KlikDokter, satu gelas air kelapa mengandung 46 kalori, 600 miligram kalium, dan 252 miligram sodium. Selain itu, air kelapa juga menyediakan 5,8 miligram vitamin C, bersama dengan folat, riboflavin, tiamin, niasin, dan vitamin B-6.

Dengan banyaknya kandungan vitamin dan mineral, air kelapa memberikan beragam manfaat untuk kesehatan yang sayang jika dilewatkan. Berikut manfaat lain dari mengonsumsi air kelapa.

1. Menu Diet

Kandungan lemak dan kalori dalam air kelapa tergolong rendah, sehingga Anda tidak perlu terlalu khawatir berat badan naik ketika mengonsumsinya. Selain itu, air kelapa juga dapat menjadi sumber energi berkat kandungan karbohidrat sederhana yang dapat dicerna tubuh dengan segera. Untuk manfaat lebih optimal, konsumsi air kelapa murni yang tidak ditambahkan gula.

2. Mengatasi Keluhan Pencernaan

Air kelapa dapat membantu mengurangi keluhan pencernaan, seperti mual, muntah, atau diare. Hal ini karena kandungan elektrolit, sehingga dapat pula membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang karena masalah pencernaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Minum Air Kelapa

3. Mengontrol Tekanan Darah Tinggi dan Gula Darah

Sebuah penelitian yang dimuat di West Indian Medical Journal mengatakan, penderita hipertensi yang mengonsumsi air kelapa secara rutin mengalami penurunan tekanan darah. Selain itu, karena air kelapa juga mengandung magnesium, maka dapat meningkatkan sensitivitas insulin pada penderita diabetes ataupun pre diabetes.

4. Meredakan Mabuk Akibat Alkohol

Konsumsi alkohol secara berlebihan bisa menyebabkan mabuk, mual dan pusing. Kondisi itu bisa diredakan dengan mengonsumsi air kelapa. Sebabnya air kepala cenderung tidak menyebabkan mual atau kembung daripada air putih biasa.

5. Penangkal Radikal Bebas

Manfaat selanjutnya dari air kelapa adalah berperan dalam menangkal radikal bebas. Hal ini dikarenakan air kelapa mengandung antioksidan.

6. Mengatasi Kulit Kering

Kombinasi elektronik esensial dan vitamin C yang dimiliki air kelapa membuatnya dapat membantu menjaga hidrasi kulit, sehingga mencegah kekeringan. Adapaun manfaat air kelapa untuk kulit lainnya, yaitu menjaga elastisitas sehingga tampak kenyal.

Itulah beberapa manfaat air kelapa yang sayang untuk dilewatkan. Meskipun bermanfaat bagi tubuh, ingatlah untuk memerhatikan porsi saat mengonsumsinya. Jangan berlebihan. Bila ada keluhan segera hubungi dokter.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.