Sukses

Pertimbangan Dapur Navita yang Banting Stir Jualan Online

Liputan6.com, Jakarta Berjualan online nyatanya susah-susah gampang. Kita sebagai seller atau penjual harus selalu berinovasi, agar para calon pembeli bisa melirik barang yang kita tawarkan. 

Kira-kira itulah yang dilakukan Fitri, pemilik usaha dengan nama Dapur Navita. Saat berbincang dengan tim Liputan6.com beberapa waktu lalu, Fitri mengaku bahwa usahanya yang dijalankan cukup ditempa tantangan. 

Ya, kesulitan yang utamanya terkait pengelolaan. Mulai dari sulitnya mencari tenaga atau sumber daya manusia (SDM) hingga kesulitan mengatur waktu. 

"Kalau untuk SDM, agak susah-susah gampang untuk mencarinya karena ini urusannya dengan produksian. Untuk mengatur waktu, sulit karena di masa pandemi, anak-anak sekolah online," kata ibu dua anak itu.  

Meski demikian, Fitri berhasil mengatasi kesulitannya. Oh ya, sebelum berjualan makanan secara online, Fitri lebih dulu berdagang pakaian pada 2014. 

"Tepatnya kurang lebih tahun 2014 jualan baju online. Ketika itu saya merasa jenuh berjualan baju secara online, akhirnya pindah haluan ke jualan makanan," kata Fitri. 

Dia menjelaskan, awal mula terjun ke bisnis kuliner dengan menjual donat. Alasannya sederhana. Donat baginya adalah 'obat' untuk mengobati kerinduan pada ibu. 

"Awal milih donat berawal dari rasa kangen sama donat buatan ibu karena kebetulan saya di Jakarta, saat itu ibu di Sukabumi. Kemudian saya coba-coba bikin donat dan akhirnya bisa," jelasnya. 

Setelah berhasil membuat 'donat ibu' Fitri memutuskan untuk menjual makanan ke warung tetangga. Nggak berhenti sampai disitu, Fitri lalu mulai berpikir, bagaimana caranya agar donat yang dibuatnya bisa dijual online. 

"Akhirnya resep yang ada terus-terusan direvisi. Misalnya pergantian margarine ke butter, agar bisa tembus di pemasaran online dan rasanya biar nggak sama dengan yang di warung-warung biasa," katanya. 

 

Pertimbangan pergantian resep itu, lanjut Fitri, untuk memuaskan para pelanggannya dengan rasa donat buatannya. 

"Kalau rasanya sama seperti di warung, nanti orang malas beli lagi. Selain itu, online kan ada ongkirmya, bagaimana caranya dengan membayar ongkir tersebut, terbayar dengan rasa donatnya."

Setelah donat, Fitri mulai berinovasi dengan membuat kudapan roti. Berbekal oven deck second, usaha roti yang berjalan dua tahun ternyata juga diminati banyak pelanggan. 

Roti, juga menjadi pilihan Fitri karena menurutnya, kudapan itu merupakan salah satu kudapan yang nggak bosan untuk disantap. 

"Orang sarapan cari roti, makan siang kadang roti. Ada juga yang makan malamnya cukup dengan roti. Jadi saya putuskan jualan roti sepertinya sangat oke," ujar Fitri. 

Sukses berjualan makanan online, Dapur Navita pun kini telah memperbanyak kudapan atau camilan enak untuk disantap. Mulai dari puding, klapertaart, makanan frozen seperti cilok bumbu kacang, american risol, sayap mercon, ceker mercon, dan cumi mercon. 

Semua menu makanan Dapur Navita bisa kamu cek via ManisdanSedap.com. Untuk diketahui, ManisdanSedap.com adalah platform yang menjadi tempat jual beli makanan dan menguntungkan untuk semua seller Pre Order di Indonesia. ManisdanSedap.com juga merupakan bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse) sebagai Digital Media Network yang juga menaungi Liputan6.com, Merdeka.com, KapanLagi.com, Dream.co.id, Brilio.id, Fimela.com, Bola.com, Bola.net, dan Otosia.com. 

ManisdanSedap.com bukan hanya membantu memudahkan penggemar kuliner mencari dan memesan menu PO dari berbagai daerah. Platform ini juga mendukung para pemilik UMKM untuk menampilkan jualan mereka sebagai 'etalase', dengan tombol pembelian langsung menuju ke nomor whatsapp Seller. 

Jadi, setelah klik beli via WA, pembeli akan berinteraksi dengan Seller dan melakukan transaksi terpisah dari platform. Jangan sampai ketinggalan kesempatan meraih lebih banyak pelanggan, langsung gabung ke ManisdanSedap.com untuk larisin usaha kuliner rumahanmu.

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini