Sukses

Sedapnya Ayam Kampung Betutu ala Dapur Lanang, Siap Manjakan Penikmat Kuliner di Yogyakarta

Ayam Kampung Betutu darii Dapur Lanang bisa ditemukan di ManisdanSedap.com,

Liputan6.com, Jakarta Yogyakarta merupakan salah satu destinasi yang patut dikunjungi. Tak hanya kaya akan budayanya, Yogya juga dikenal sebagai surga kuliner. Sebut saja gudeg, mie nyemek sampai oseng mercon.

Ternyata, ada unik dari kuliner di Yogyakarta. Adalah Ayam Betutu. Sejatinya, makanan khas ini berasal dari khas Bali. Namun, masyarakat Yogya ternyata menyukai makanan satu ini. Sebut saja Ayam Kampung Betutu yang dipasarkan di bawah brand Dapur Lanang.

Shelly yang merupakan pemilik makanan tersebut mengaku bahwa kuliner Ayam Kampung Betutu tercipta dikarenakan menurunya angka wisata di Yogyakarta akibat pandemi.

Kini, Ayam Kampung Betutu darii Dapur Lanang bisa ditemukan di ManisdanSedap.com, platform yang membantu para penggemar kuliner menemukan dan memesan beragam pre-order (PO) makanan dari seluruh nusantara, ada kisah unik di balik penamaan usaha kuliner rumahannya itu.

Inspirasi di Dapur

Shelly menceritakan bahwa pada Juni 2020, Shelly yang bekerja di sektor pariwisata merasa harus mencari peluang lain, untuk mendapatkan pemasukan. Melirik bidang kuliner, ia memutuskan membuat Ayam Kampung Betutu.

“Inspirasi nama usaha didapat pada waktu melihat suami dan anak laki-laki saya memasak di dapur, akhirnya terlintas untuk memberi nama Dapur Lanang. Kebetulan yang memasak Ayam Kampung Betutu ini sebagian besar juga laki-laki,” jelas Shelly.

Tantangan Pemasaran

Dengan menu andalan Ayam Kampung Betutu, Dapur Lanang juga menawarkan menu lainnya seperti bakpao kacang merah, bakpao cokelat, hingga risol mayo.

Shelly menuturkan bahwa memulai usaha kuliner ayam betutu ini memiliki tantangan tersendiri. Apalagi, lidah orang Yogya masih belum akrab dengan menu satu ini.

“Ayam Kampung Betutu ini boleh dibilang masih asing di mata orang Jawa, khususnya Yogyakarta, sehingga kami harus memperkenalkan terlebih dahulu produk kami ini,”, ungkap Shelly.

Ayam Kampung Betutu tersedia dalam variasi Tidak Pedas, Pedas, dan Extra Pedas, menu Ayam Kampung betutu sudah dilengkapi dengan sayur daun singkong dan sambal rajangan yang nendang.

Kelezatan racikan Dapur Lanang ini pun sukses menarik minat para pembeli. Sayangnya, dampak pandemi yang berlangsung berbulan-bulan ini juga menurunkan jumlah beberapa pembeli setia yang sering repeat order.

Ingin Memperluas Promosi

Walaupun baru berumur jagung, Dapur Lanang tetap berharap agar usaha kuliner yang dirintisnya bisa lebih berkembang. “Agar dikenal oleh masyarakat luas, dengan memperluas promosi di media sosial atau promosi mulut ke mulut,” jelasnya saat ditanya soal harapan untuk Dapur Lanang.

Mendukung UMKM agar dapat bertahan dan berkembang khususnya di masa pandemi, menjadi tujuan hadirnya ManisdanSedap.com. Platform ini merupakan bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse) sebagai Digital Media Network yang juga menaungi Liputan6.com, Merdeka.com, KapanLagi.com, Dream.co.id, Brilio.id, Fimela.com, Bola.com, Bola.net, dan Otosia.com.

Sebagai ‘etalase’ yang memajang jualan menu PO, ManisdanSedap.com juga mengusung fitur tombol pembelian langsung menuju ke nomor WhatsApp Seller. Pembeli bisa berinteraksi dengan seller dan juga melakukan transaksi terpisah dari platform. Bikin usahamu makin laris dan dikenal dengan gabung ke ManisdanSedap.com sekarang juga!

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini