Sukses

Di Balik Aktivitas Belanja ke Supermarket, Ada Manfaat Kesehatan Fisik dan Mental

Belanja kebutuhan ke supermarket adalah salah satu hal yang menyenangkan. Bisa jalan-jalan, belanja, serta lihat-lihat barang dalam suasana baru.

Liputan6.com, Jakarta Di era digital ini tren belanja online meningkat dengan pesat. Orang-orang tinggal buka aplikasi belanja, scroll dan searching berbagai produk yang ingin dibeli. Meskipun banyak keuntungan yang diperoleh, namun ada manfaat yang dilewatkan ketika memilih belanja online daripada pergi ke supermarket.

Pergi ke supermarket memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan baik fisik maupun mental. Bahkan bagi ibu rumah tangga ada sensasi yang berbeda saat melihat langsung berbagai produk sambil memerhatikan hal lain yang akan dibeli.

Tubuh Aktif Bergerak

Dikutip dari KlikDokter, manfaat pertama saat seseorang memutuskan untuk belanja ke supermarket adalah membuat tubuh aktif bergerak. Tak dipungkiri, aktivitas fisik seperti berjalan bagus untuk kesehatan, apalagi mereka yang ingin mengendalikan berat badan. Penting sekali untuk membakar kalori.

Tak hanya itu, dengan aktif bergerak seseorang dapat meningkatkan kesehatan otak, mengurangi risiko penyakit, memperkuat tulang dan otot, serta meningkatkan kemampuan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Bahkan, aktivitas berjalan dapat mengurangi risiko kematian dini dari penyebab utama kematian, seperti penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Melepas Penat dan Stres

Aktivitas fisik seperti berjalan di supermarket memiliki hubungan dengan kesehatan mental kita. Merasakan suasana baru dan melihat barang-barang yang kita sukai dapat melepaskan diri dari rasa penat dan stres. Dengan begitu bisa meningkatkan daya ingat, suasana hati dan membantu tidur lebih baik.

"Manfaat itu muncul karena kita pergi ke tempat yang memang kita suka dan dengan suasana yang berbeda dari suasana rutinitas kita," ungkap Psikolog, Ikhsan Bella Persada dikutip dari Klikdokter.

Terlebih lagi, lanjut Ikhsan, ketika ke supermarket menemukan sesuatu yang memang dicari atau dibutuhkan. "Itu bisa membantu memberikan rasa senang sehingga memperbaiki mood kita," sambungnya.

Namun, Ikhsan mengingatkan bila kita jadi impulsif sebaiknya menghindari tempat-tempat berbelanja, supaya tidak menjadi stres.

Sebelum ke supermarket, rencanakan bahan makanan yang ingin dibeli. Buat daftar belanjaan agar kegiatan belanja lebih terkendali. Usahakan sebagian besar produk yang dibeli adalah makanan sehat. 

Karena situasi lagi pandemi, pastikan Anda ke supermarket dalam kondisi sehat dan menerapkan protokol kesehatan dengan baik ya. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.