Sukses

Pimpinan Miss Supranational Diduga Hina Indonesia, Jihane Almira dan Warganet Bereaksi Keras

Pimpinan Miss Supranational itu terdengar menyebut Indonesia dengan nada kesal.

Liputan6.com, Jakarta Direktur kontes kecantikan Miss Supranational Andre Sleigh diduga menghina Indonesia. Hal itu terekam dalam video IG Live Miss Supranational 2019 Anntonia Porsild.

Video tersebut menampilkan Porsild yang sedang makan sambil melakukan sesi Instagram Live. Wanita asal Thailand itu juga tampak sedang terlibat dalam sebuah percakapan dengan seorang pria.

Secara tak sengaja, pria itu terdengar menyebut Indonesia dengan nada kesal.  "Oh I'm so sick of these f*cking Indonesians," katanya. Ekspresi Anntonia langsung terlihat berubah sambil mengalihkan perhatian dengan mengucapkan dirinya sedang tidak diet.

Video ini langsung memicu kegeraman warganet dan komunitas pageant lovers di media sosial. Menurut sebuah unggahan akun @indopageants, pria yang melontarkan hinaan tersebut diyakini adalah Andre Sleigh.

Andre diketahui memangku posisi penting di ajang Miss Supranational, yaitu sebagai direktur kreatif.  Setelah video ini menjadi viral, akun resmi Miss Supranational pun menjadi bulan-bulanan warganet. Banyak dari mereka mengecam tindakan Andre.

Selain video yang beredar tentang ucapan kasar Andre, juga tersebar unggahan video Andre tentang alasan ia mengatakan hal kasar kepada Indonesia. Seperti yang dikutip dari unggahan akun twiter @LCShirota, 6 September 2021, Andre mengaku mendapat ancaman dari warganet Indonesia.

"Begitu banyak pesan yang mengerikan, dan aku bilang satu hal saja dan kamu seakan kamu adalah korbannya," ujar Andre. Dalam video tersebut Andre juga mengungkap jika ancaman tak hanya diberikan padanya, tapi juga teman dan keluarganya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pesan Jihane Almira

Belum diketahui dengan jelas kenapa warganet Indonesia menyerang Andre. Namun, beredar kabar jika hal ini terjadi karena wakil Indonesia di Miss Supranational 2021, Jihane Almira Chedid, tidak diperlakukan dengan baik di ajang tersebut. Jihane pun mengungkapkan kekecewaannya.

Ia menuliskan rasa kecewanya lewat unggahan di akun Instagramnya pada Senin, 6 September 2021.  "Niat dan tujuan utama saya adalah untuk membanggakan dan merepresentasikan INDONESIA/NS dengan baik juga secara optimal. Apapun dan SIAPAPUN yang menyentuh negara saya, saya maju," tulisnya.

"Apapun dan SIAPAPUN yang menyentuh negara saya, saya maju," sambungnya.  Jihane juga menulis pesan untuk siapa pun yang berniat membesarkan seorang bintang.

"Kalau Anda berencana untuk membesarkan seorang bintang, panutan atau apa pun namanya, inilah satu tips dari saya karena ANDA selalu bertanya bagaimana saya menghadapinya," tulis Jihane dalam bahasa Inggris.

"Pastikan mereka berkulit tebal dan berhati baja sebelum mereka 'keluar'.. Setidaknya untuk menghadapi media," tambah Jihane. Unggahan Putri Indonesia Pariwisata 2020 itu mendapat banyak dukungan dari berbagai pihak dan mendapat dukungan lebih dari 12 ribu komentar.

3 dari 4 halaman

Dukungan Warganet dan Selebritas

Jihane pun mendapatkan banyak dukungan dari warganet dan sesama selebritas.  Gandhi Fernando, Mister Supranational 2018 pun mengungkapkan sikap tidak profesional dari Andre Sleigh. Dalam unggahan di Instagram story-nya, Senin, 6 September 2021.

Gandhi menceritakan, Andre mengeksploitasi para peserta Supranational. Gandhi mengungkap Andre meminta peserta untuk membayar mahal, namun tidak ada aktivitas apa pun selain photoshoots fitting, rehearsalls, mengunggah konten berbayar di sosial media, makan, dan tidur.

Sementara presenter Robby Purba mengunggah video tutorial me-report alias melaporkan akun Instagram Andre yang telah digembok, dengan alasan kontennya tak seharusnya ada di Instagram. Bintang film '99 Nama Cinta' itu mengaku baru kali pertama melaporkan akun Instagram orang padahal sudah satu dekade bermedsos.  "Setelah 10 tahun main Instagram - baru ini report akun orang," cuitnya, Selasa (7/9/2021).

Ajang Miss Supranational memang tak banyak dikenal dibandingkan Miss Universe dan Miss World. Motto dari Miss Supranational yaitu Glamour, Fashion, dan Natural Beauty seakan luntur karena ucapan dari Andre, dan pamor ajang ini diyakini akan semakin menurun.

4 dari 4 halaman

Data Pengguna Facebook Indonesia Bocor

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.