Sukses

Uniknya Toilet Terbuka di Jepang yang Dikelilingi Rerumputan

Seperti apa penampakan toilet di Jepang yang dikelilingi pagar dan ada di tengah taman tersebut?

Liputan6.com, Jakarta - Jepang merupakan negara dengan sejuta keunikannya. Kali ini ada toilet yang dikeliling rerumputan dengan konsep tembus pandang. 

Dilansir dari Soranews24, Selasa, 10 Agustus 2021, biasanya, toilet di Jepang dikenal karena tampilannya yang unik ataupun fiturnya yang canggih. Kali ini, toilet umum ini dikenal karena lokasi yang tidak biasa, berada di tengah rerumputan yang dikelilingi oleh pagar kayu. Sayangnya, toilet ini hanya diperuntukkan bagi perempuan saja.

Toilet ini memiliki luas 200 meter persegi. Toilet berlokasi di Prefektur Chiba, tepatnya di sebelah jalur kereta api Kominato yang berdekatan dengan Stasiun Itabu.

Awalnya, toilet ini merupakan sebuah karya instalasi seni yang dirancang oleh seorang arsitek, Sou Fujimoto. Ia merancang bilik ini dengan tema ruangan pribadi dan publik serta persepsi secara tradisional mengenai besar dan kecil.

Maka, toilet dengan bilik yang kecil dengan pemandangan yang luas ini, disebut sebagai toilet umum paling besar di dunia. Toilet ini dipasang untuk pertama kalinya di Stasiun Itabu, Kota Ichihara sebagai sebuah karya seni pada 2013.

Stasiun yang berada di pedesaan di Jepang ini, dikelilingi oleh pemandangan tanaman hijau yang lebat. Biasanya, kereta api yang lewat di daerah ini berjenis gerbong tunggal yang berhenti satu hingga dua kali dalam satu jam dari pukul 6 pagi hingga 8 malam.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Toilet in Nature

Kini, toilet yang dikenal secara resmi sebagai "Toilet in Nature" terletak tidak jauh dari Stasiun Itabu, hanya berjalan sekitar satu menit saja. Meskipun pintu masuk untuk menuju toilet tersebut tampak seperti properti privat milik perseorangan, pintu ini mudah dibuka selama toiletnya kosong.

Untuk mengetahui toilet kosong atau tidak, di depan pintu diberikan tulisan dari tempelan kertas yang berbunyi "Toilet khusus perempuan. Setelah toilet digunakan, harap meninggalkan pintu dalam keadaan terbuka".

Pada dinding kayu toilet, nampak lambang perempuan. Lambang tersebut cukup mengartikan bahwa toilet ini memang diperuntukkan bagi perempuan wsaja. Namun tidak perlu khawatir, terdapat pula toilet umum yang diperuntukkan untuk semua gender yang berada di luar pagar toilet ini.

3 dari 4 halaman

Dikelilingi Rerumputan

Meskipun toilet ini hanya diperuntukkan bagi perempuan, tidak menutup kemungkinan bahwa laki-laki juga dapat menikmati fasilitas unik ini. Selama sedang tidak digunakan, toilet dapat digunakan oleh laki-laki.

Namun, untuk memasuki bilik toilet ini, laki-laki hanya diperbolehkan untuk berjalan-jalan di dalam bilik. Untuk keperluan lainnya, tetap menggunakan toilet umum yang berada di luar bilik.

Selain itu, di balik bilik toilet ini tampak dari kejauhan toilet berwarna putih porselen yang dilengkapi dengan dinding kaca tembus pandang. Untuk menuju toilet yang berada di tengah hamparan rumput tersebut, terdapat jalan setapak yang mengarah ke toilet.

Karena letaknya di hamparan rumput, matahari dapat menembus menyinari jalan setapak. Selain itu, toilet ini dilengkapi dengan wastafel dan tempat tisu.

Bagi pengguna yang merasa terganggu dengan bilik yang tembus pandang, pengguna dapat menutupnya dengan menggunakan tirai yang telah tersedia. Menariknya, ketika sedang menggunakan toilet pengguna dapat menikmati suara alam salah satunya, mendengarkan kicauan burung. (Gabriella Ajeng Larasati)

4 dari 4 halaman

Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.