Sukses

Daftar Bandara Terbaik Dunia di 2021 Versi Skytrax, Changi Singapura Turun Peringkat

Bandara Changi Singapura jatuh dari posisi teratas sebagai bandara terbaik dunia di 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan pemeringkatan maskapai penerbangan dan bandara, Skytrax, kembali mengungkap peringkat tahunan bandara terbaik di dunia di World Airport Awards. Tak seperti beberapa tahun belakangan, tahun ini bukan Bandara Changi Singapura yang berada di posisi teratas.

Dilansir dari CNN, Selasa (10/8/2021), untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade terakhir, Bandara Changi Singapura merosot dari puncak. Bandara Internasional Hamad (HIA) Doha kini dianugerahi gelar sebagai Bandara Terbaik Dunia di 2021.

Kenaikan Bandara Doha bersamaan dengan kerja keras dari maskapai andalannya, Qatar Airways. Pemerintah Qatar telah banyak berinvestasi di maskapai nasional dan bandaranya dengan hasil yang cukup spektakuler.

Wisatawan di Qatar Airways yang memiliki penerbangan lanjutan di HIA dapat menikmati wisata kota gratis, akomodasi, dan makanan gratis (tergantung pada lama singgah), dan layanan transfer VIP. Karyawan maskapai juga memandu wisatawan di bandara untuk ke penerbangan lanjutan.

Bandara terbaik dunia 2021 versi Skytrax didominasi dengan bandara di Eropa dan Asia. Jepang terpilih sebagai negara dengan peringkat terbaik secara keseluruhan, dengan tiga bandara di 10 besar, termasuk kedua bandara Tokyo (Narita dan Haneda).

World Airport Awards dipilih oleh pelanggan dalam survei kepuasan bandara global yang dilakukan dari Agustus 2020 hingga Juli 2021. Lantas, mana saja bandara terbaik di dunia pada 2021 versi Skytrax? Simak berikut ini.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bandara Terbaik di Dunia Versi Skytrax pada 2021

1. Bandara Internasional Hamad (HIA)

2. Bandara Haneda Tokyo (HND)

3. Bandara Changi Singapura (SIN)

4. Bandara Internasional Incheon (ICN)

5. Bandara Narita Tokyo (NRT)

6. Bandara Munich (MUC)

7. Bandara Zurich (ZRH)

8. Bandara Heathrow London (LHR)

9. Bandara Internasional Kansai (KIX)

10. Bandara Internasional Hong Kong (HKG)

3 dari 4 halaman

Penghargaan Lain

Selama pandemi virus corona melanda dunia, muncul kesulitan untuk menilai bandara, mengingat perbatasan perjalanan dan pergerakan dilakukan di seantero dunia. Skytrax mengatasi masalah itu dengan membuat daftar kedua yang secara khusus menyebut bandara yang bekerja dengan baik dalam menerapkan protokol kesehatan dan kebersihan yang baru.

Alih-alih memeringkatnya, Skytrax memilih hanya mengakui pekerjaan baik yang dilakukan oleh 39 bandara, yang terdaftar dalam urutan abjad. Ini termasuk Fiumicino dari Roma, yang diberi "Peringkat Bandara Bintang 5 COVID-19" pertama kalinya dari Skytrax musim gugur lalu. Tokyo Haneda juga dianugerahi penghargaan sebagai Bandara Terbersih.

Bandara Istanbul dipilih sebagai Most Improved, Bandara Changi memenangkan penghargaan Staf Bandara Terbaik, sedangkan Incheon Seoul dipuji untuk Keamanan Bandara Terbaik. Tak ketinggalan, Centrair Nagoya di Jepang menyabet gelar Bandara Regional Terbaik.

Skytrax juga merinci pengakuan bandara terbaik berdasarkan jumlah pengunjung yang melewatinya. Secara regional, Bandara Internasional Vancouver Kanada terpilih sebagai "Bandara Terbaik di Amerika Utara."

4 dari 4 halaman

Infografis Yuk Kenali 4 Risiko Mobilitas Saat Liburan untuk Cegah Covid-1

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.