Sukses

Brand Skincare Lokal Luncurkan Face Mist Antibakteri, Terinspirasi Situasi Pandemi Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Situasi pandemi Covid-19 mengilhami brand skincare lokal, Studio Tropik, untuk menciptakan produk baru. Face mist bernama RescueRX itu diluncurkan pada awal Juli 2021.

Produk dikembangkan sejak setahun lalu. Berbeda dari face mist biasa, produk itu menambahkan kandungan antibakterial ke dalamnya. CMO Studio Tropik Isabella Ingrid menyebut perubahan perilaku di masyarakat selama pandemi lah yang menginspirasi. Mereka lebih sadar akan higienitas sehingga muncul kebiasaan menggunakan pembersih instan untuk mematikan virus dan kuman.

"Sekarang udah jadi norma untuk semprot-semprot berbagai macam hal. Pembersih instan sendiri saja sekarang sudah sangat beragam jenisnya mulai yang dibuat untuk tangan, udara, alat makan, dan masih banyak lagi," kata Bella, dalam peluncuran virtual RescueRX, Kamis, 1 Juli 2021.

Dari sekian pembersih yang ada, mereka melihat belum ada produk serupa untuk menjaga kulit wajah tetap bersih selama beraktivitas. Produk ini mereka buat sebagai solusi “fast cleansing on the go”.

"Kita harap dari RescueRX mist ini yang kita formulasikan untuk masa depan dapat membuat lifestyle kita semua jadi lebih mudah," kata CEO Studio Tropik, Mellisa Angelina.

Face mist mengandung IPMP yang membunuh bakteri penyebab jerawat tanpa membuat kulit menjadi kering. Ia mengklaim produk tersebut bisa membunuh beragam bakteri, termasuk enam bakteri umum yang sering ditemui sehari-hari, yakni Bacillus cereus, Escherichia coli, Salmonella typhi, Candida albicans, Staphylococcus aureus, dan Enterococcus faecalis.

"Dia efektif membunuh bakteri yang dapat menyebabkan keluhan-keluhan pada kulit," ujar Mellisa.

Produk ini juga dilengkapi dengan kandungan bisabolol yang berasal dari bunga chamomile. Kandungan tersebut bersifat antioksidan yang dapat meredakan inflamasi dan kemerahan pada kulit, serta mengandung ProVitamin D3 yang dapat meningkatkan kelembapan dan imunitas kulit.

"Karena dia meningkatkan kelembapan, kita juga dapat memanfaatkannya sebagai pemulihan skin barrier. Karena kalau kita menggunakan masker lama, yang terjadi barrier kulit kita rusak akibat tergesek," katanya.

 

 

2 dari 5 halaman

Penyebab Maskne

Keberadaan bakteri tersebut berkaitan dengan masalah kulit yang paling banyak dikeluhkan selama pandemi. Spesialis kulit dan kelamin, dr. Arini Astasari Widodo, SpKK, menyebut maskne sebagai masalah di wajah yang banyak dialami pasiennya.

"Komplain pada kulit yang paling banyak dilontarkan adalah acne akibat penggunaan masker," katanya.

Penyebab masalah maskne maupun jerawat biasa, sambung dia, sebenarnya sama saja. Salah satunya adalah Cutibacterium acnes, yakni bakteri penyebab jerawat.

Saat tertutup masker dalam jangka waktu lama, kulit menjadi lebih mudah iritasi dan bakteri mudah berkembang biak. Selanjutnya, bakteri masuk ke kulit dan memicu jerawat di area tersebut. Maka, penting untuk mengganti masker dengan yang baru secara rutin dan membersihkan wajah secara teratur.

 

 

 

3 dari 5 halaman

60 Detik

Mellisa menjelaskan face mist dapat digunakan pada seluruh permukaan kulit, bahkan rambut, untuk membunuh bakteri. RescueRX dapat digunakan oleh ibu hamil, menyusui, dan anak enam tahun ke atas. Cara penggunaannya yaitu disemprotkan dan biarkan meresap selama 60 detik.

"Kenapa 60 detik? Karena setelah 30 detik kita semprotkan, tujuh bakteria ini sudah 99 persen mati. Tapi setelah 60 detik, dia naik ke 99,9 persen. Jadi, alangkah baiknya tunggu satu menit saja," kata Mellisa.

RescueRX akan resmi diluncurkan 5 Juli 2021 pada pukul 19.00 WIB. Tersedia dalam dalam dua ukuran. Untuk kemasan 150ml dibanderol seharga Rp99.000 dan kemasan 30ml seharga Rp39.000. (Jihan Karina Lasena)

4 dari 5 halaman

Cara Pakai Masker Dobel yang Benar

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: