Sukses

Apa Perbedaan Mi Instan Buatan Indonesia yang Dijual di Korea?

Warganet yang membedah perbedaan mi instan buatan Indonesia yang dijual di Korea itu mengaku lebih suka rasa mi buatan warmindo.

Liputan6.com, Jakarta - Produk mi instan Indonesia, Indomie tak hanya beredar di dalam negeri, tapi juga di beberapa negara termasuk Korea Selatan. Mi instan lokal ini juga jadi favorit banyak orang di luar negeri

Seorang warganet Indonesia yang tinggal di Korea Selatan menunjukkan perbedaan mencolok dari Indomie goreng yang ia jumpai. Hal ini dibagikan melalui akun TikTok @caffeineeds, beberapa waktu lalu.

Dalam segi kemasan, perbedaannya tak terlalu mencolok, hanya sejumlah tulisan di bungkusnya menggunakan bahasa Korea. Meski begitu, tetap terdapat tulisan "Mi goreng" dalam bahasa Indonesia di kemasan tersebut. Gambar mi goreng dan desain kemasannya pun terlihat tak jauh berbeda dengan yang ada di Indonesia.

Selain kemasan, ada perbedaan pada bumbu yang didapat. Ada minyak, kecap, bawang goreng, bumbu bubuk, dan cabai bubuk.  Bumbu ini ternyata sama seperti Indomie yang ada di luar Pulau Jawa yang tak mendapat saus sambal.

Soal harga terbilang lebih mahal dibandingkan di Indonesia. Satu bungkus Indomie goreng itu dibanderol seharga 700 Won atau sekitar Rp9.000, sedangkan di Indonesia sekitar Rp2.500 sampai Rp3.000.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lebih Enak di Warung

Wanita berhijab ini kemudian memasak mi instan goreng ala Korea Selatan itu. Ia memasaknya seperti biasa dan kemudian mencobanya. Setelah menyantapnya, ia menyimpulkan kalau rasa Indomie goreng yang pernah ia beli di warung terasa lebih enak.

Video ini kemudian menarik banyak perhatian warganet. Sampai berita ini ditulis unggahan tersebut sudah dilihat lebih dari 1,1 juta kali dan disukai lebih dari 188 ribu kali.

"Iya kan valid banget enakan beli di warung daripada bikin sendiri. Nggak tahu kenapa begitu. Apalagi kalo minta nyicipin punya temen yang di warung," komentar seorang warganet.

"Aku pernah beli Indomie goreng original di Korea masa nggak ada bawangnya," komentar warganet lainnya.

3 dari 4 halaman

Kafe di Malaysia dan Singapura

Makanan instan yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia itu memang laris juga di negara lainnya, termasuk di Malaysia dan Singapura. Hal ini terbukti dengan adanya Kafe IndoBowl yang menyajikan menu Indomie dan menjadi favorit masyarakat sana.

Setelah memiliki tiga kedai di Negeri Jiran, IndoBowl mengepakkan sayap bisnisnya hingga ke Singapura. Kafe yang diresmikan pada 25 Oktober 2019 lalu menyuguhkan menu-menu Indomie dengan topping beraneka ragam di atasnya.

Beberapa menu yang ditawarkan oleh kafe tersebut di antaranya Indomie Dendeng Balado, Indomie Ayam Telur Asin, Indomie Iga Bakar dan Indomie Mumbo Jumbo. Selain olahan berbahan dasar Indomie, ada pula menu lainnya, seperti Nasi Campur Dendeng, Nasi Dendeng Balado, Nasi Iga Balado, dan Nasi Goreng Seafood Balado.

4 dari 4 halaman

Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.