Sukses

Cucu Tertua Ratu Elizabeth II Bercerai Setelah 12 Tahun Menikah

Liputan6.com, Jakarta - Keluarga Kerajaan Inggris, terutama Ratu Elizabeth II, kembali mendapat kabar kurang menyenangkan. Cucu tertua Ratu, Peter Philips, baru saja resmi bercerai dari Autumn Philips yang sudah dinikahinya selama 12 tahun terakhir.

Peter Philips dan Autumn merilis pernyataan resmi lewat juru bicara mereka. Dalam pernyataan tersebut, mantan pasangan suami istri itu menjelaskan bahwa mereka telah berpisah dengan baik-baik.

"Peter dan Autumn senang telah menyelesaikan masalah secara damai dengan anak-anak dengan tegas di garis depan pemikiran dan keputusan itu," bunyi potongan pernyataan dari Peter Philips dan Autumn, seperti dilansir Hello Magazine, Senin (21/6/2021).

Keduanya tidak terlalu ambil pusing tentang hak asuh anak mereka, Savannah dan Isla. Mereka sepakat untuk tetap tinggal di Gloucestershire, Inggris, demi bisa bersama-sama membesarkan sang buah hati.

"Ini adalah hari yang menyedihkan bagi Peter dan Autumn, tapi mereka terus mengutamakan kesejahteraan dan pengasuhan putri mereka yang luar biasa, Savannah dan Isla," lanjut pernyataan tersebut.

"Baik Peter Philips dan Autumn akan tetap berada di Gloucestershire untuk membesarkan kedua anak mereka di mana mereka telah menetap selama beberapa tahun," sambung pernyataan itu lagi.

2 dari 5 halaman

Sudah Lama Pisah

Sebagai orangtua, Peter dan Autumn juga sudah memberikan pengertian kepada kedua putrinya. Mereka berharap Savannah dan Isla perlahan bisa beradaptasi dengan babak baru dalam kehidupan keduanya.

"Peter dan Autumn sudah meminta privasi dan pertimbangan untuk anak-anak mereka saat keluarga beradaptasi dengan babak baru dalam hidup mereka," tutup pernyataan tersebut.

Selain hak asuh, masalah harta setelah perceraian juga sudah diurus oleh Peter Philips dan Autumn. Semuanya telah disepakati dan disetujui oleh Pengadilan Tinggi setempat.

Berita ini sebenarnya tidak terlalu mengejutkan. Peter Philips dan Autumn pertama kali mengumumkan perpisahan pada Februari 2020. Tapi mereka diketahui sudah hidup secara terpisah sejak 2019. Dilansir dari Vanity Fair, kabar perpisahan keduanya saat itu diumumkan oleh juru bicara mereka, Gerald Franklin.

3 dari 5 halaman

Bertemu di Kanada

Menurut Franklin keputusan untuk bercerai telah melalui diskusi panjang. Walau sangat menyedihkan, namun mereka berpisah dengan baik-baik

Peter adalah anak pertama dari Putri Anne dan Kapten Mark Phillips. Pria kelahiran 15 November 1977 ini merupakan cucu tertua Ratu Elizabeth II. Sebagai cucu pertama dari Ratu Elizabeth II, Peter Philips juga merupakan yang pertama mengumumkan perceraiannya dengan pasangannya.

Ia menikah dengan Autumn yang setahun lebih muda darinya pada 2008 di Kapel St. George's, Windsor, Inggris. Sebelum menikah dengan Peter Philips, Autumn adalah seorang manajer konsultan di Kanada. Mereka pertama bertemu dalam acara Grand Prix F1 di Montreal pada 2003.

Anak pertama mereka, Savannah Philips lahir pada 29 Desember 2010 di Rumah Sakit Royal Gloucestershire. Sebagai cicit pertama dari Ratu Elizabeth II. Savannah memiliki kewarganegaraan ganda, yakni Kanada dan Inggris. Isla Philips, adik dari Savannah lahir pada 29 Maret 2012 di rumah sakit yang sama.

4 dari 5 halaman

7 Tips Cegah Klaster Keluarga Covid-19

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut: