Sukses

Member Spice Girls Reuni demi Koleksi Mode Terbaru Victoria Beckham

Hasil penjualan koleksi terbaru lini busana Victoria Beckham itu akan disumbangkan untuk membantu para tuna wisma dari kelompok LGBTQ+ di Inggris.

Liputan6.com, Jakarta - Member girl group Spice Girls menggelar "reuni" demi koleksi busana teranyar Victoria Beckham. Mengutip Vogue, Kamis, 17 Juni 2021, Beckham meminta Emma, Geri, Mel B, dan Mel C jadi model koleksi Pride barunya.

Kapsul mini yang telah tersedia di laman resmi lini mode istri David Beckham itu berupa kaus dan pouch VVB edisi terbatas. Dua item itu memuat kalimat "Proud and wannabe your lover" yang merujuk pada single ikonis Spice Girls yang dirilis 25 tahun lalu, Wannabe.

Mengingat semua member Spice Girls dikenal dengan gaya khas mereka, masing-masingnya memakai kaus dengan styling berbeda. Mel C dan Beckham memakainya secara santai dengan jeans, sementara Geri tampil lebih glam dan memadukannya bersama rok putih.

Dalam menciptakan koleksi ini, Beckham bermitra dengan Albert Kennedy Trust, sebuah organisasi nirlaba yang bekerja untuk memerangi tunawisma pemuda LGBTQ+ di Inggris. Kerja sama itu membuat 100 persen dari hasil penjualan kaus akan disumbangkan untuk amal.

"Pride bagi saya adalah perayaan jadi diri sendiri sepenuhnya, dan kaus tahun ini adalah pengingat akan hal itu,” kata Beckham dalam rilisnya. "Spice Girls benar-benar berjuang menerima diri sendiri dan orang lain, bersikap baik, bersenang-senang, dan menjalani hidup dengan cara terbaik!” 

"Komunitas LGBTQ+ sangat dekat di hati saya dan saya sangat bangga dapat mendukung Pride 2021 dengan AKT (Albert Kennedy Trust) lagi tahun ini," kata Victoria Beckham, menandai kolaborasi selama tiga tahun berturut-turut dengan organisasi nirlaba tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bukan Kali Pertama

Ini tentu bukan kali pertama Victoria Bekcham menggunakan fesyen untuk mengangkat isu yang penting menurutnya. Pada peringatan Hari AIDS Sedunia, awal Desember tahun lalu, perempuan 47 tahun ini pamer kaus hasil kolaborasi Elton John AIDS Foundation bersama kedua rekannya, yakni musisi Elton John dan film maker David Furnish.

Kala itu, kaus tersebut juga dijual melalui laman resmi miliknya seharga 95 pound sterling (Rp1,8 juta). Beckham menyebut bahwa 50 persen dari hasil penjualan kaus ini akan langsung diberikan pada Elton John AIDS Foundation.

"Sangat bangga telah menciptakan kaus khusus untuk mendukung Hari AIDS Sedunia tahun ini," tulisnya. "Kaus ini menampilkan gambar Polaroid Elton yang bertanda tangan ikonis, diambil selama turnya di AS tahun 1974, sebuah citra yang positif dan kuat!"

3 dari 4 halaman

Proyek Serupa Spice Girls

Sebelumnya, langkah donasi dengan menjual kaus juga sempat dilakukan member Spice Girls pada 2019 lalu. Mengutip Guardian, kaus bertuliskan #IWannaBeASpiceGirl itu dibandrol 19,40 pound sterling (Rp355 ribu).

Dari nominal itu, badan amal yang memperjuangkan kesetaraan bagi perempuan, Comic Relief, akan menerima sebesar 11,60 pound sterling (Rp209) ribu untuk masing-masing kaus yang terjual.

Sayangnya, proyek ini sempat jadi kontroversi setelah hasil investigasi Guardian melaporkan bahwa buruh asal Bangladesh yang membuat kaus itu hanya dibayar 35 pence (Rp6,5 ribu) satu jam. Bahkan, buruh perempuan di sana dipaksa bekerja selama 16 jam sehari.

Atas laporan itu, kedua pihak mengatakan telah memeriksa kredensial sumber etis dari Represent, pengecer online yang ditugaskan membuat kaus, tapi kemudian berganti produsen tanpa sepengetahuan mereka. 

4 dari 4 halaman

Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar COVID-19 Mati Gaya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.