Sukses

Menilik Karya dan Menggali Wawasan Seputar Desain Interior di Mayantara JAK.ID 2021

Liputan6.com, Jakarta - Festival desain interior virtual, Mayantara JAK.ID 2021, hadir menyapa masyarakat mulai 16--18 Juni 2021. Gelaran ini tercipta atas kolaborasi antara Mayantara dan Himpunan Desain Interior Indonesia (HDII) DKI Jakarta.

Penyelenggaraan acara desain interior tersebut juga sebagai salah satu rangkaian Mayantara 2021 sekaligus menyambut Ulang Tahun Jakarta yang ke-494. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut mengapresiasi kontribusi HDII DKI Jakarta.

"Izinkan saya menyampaikan apresiasi kepada Himpunan Desain Interior Indonesia (HDII) DKI Jakarta atas kontribusinya mengangkat desain interior sebagai salah satu komoditas Indonesia yang membanggakan negeri," kata Anies dalam sambutannya dalam konferensi pers virtual, Rabu (16/6/2021).

Anies turut menyampaikan harapannya bahwa Mayantara JAK.ID dapat menjadi wadah. "Bukan hanya untuk pengembangan profesi dan bidang interior desain, tapi juga menjadi kesempatan bagi seluruh sektor industri untuk tumbuh dan berkembang," tambahnya.

Perwakilan Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia (ADPII), yang juga salah satu stakeholder Mayantara, Fitorio Leksono menyebut pandemi berdampak signifikan bagi dunia kreatif, salah satunya di industri desain interior. Maka dari itu, ia mengajak untuk tetap mengobarkan semangat dan optimisme bagi industri kreatif.

Semangat ini juga sebelumnya diwujudkan lewat Mayantara 2020. "Kita tahu bahwa pemerintah, baik pusat maupun daerah sedang berusaha mengembalikan perekonomian kita yang terpuruk pasca pandemi, termasuk di industri kreatif," jelasnya.

"Sejak awal, Mayantara itu kolaborasi semangatnya, jadi HDII Jakarta terlibat di tahun lalu," ungkap Fitorio.

2 dari 5 halaman

Semangat Kolaborasi

Fitorio mengungkapkan, kolaborasi sebelumnya itu mengerucut menjadi keputusan untuk membuat sesuatu yang berbeda. Setelah itu, baru tercetulah gelaran Mayantara JAK.ID 2021 ini.

Ketua HDII DKI Jakarta Rina Renville menyampaikan, pihaknya mengusung konsep festival untuk merayakan keprofesian dan keilmuan melalui diskusi atas stakeholder, mulai dari praktisi, pelajar, pelaku dan pemerhati industri kreatif. Dikatakannya, upaya itu juga diwujudkan melalui showcase karya-karya dari praktisi dan mahasiswa.

"Melalui perayaan inilah, kita lebih dapat merangkul pelaku-pelaku kreatif multi bidang, dengan ini pelaku industri bisa bertahan dan membuka peluang baru serta meningkatkan daya saing," jelas soal gelaran desain interior ini.

3 dari 5 halaman

3 Hari Gelaran

Selama tiga hari penyelenggaraan akan dimeriahkan dengan beragam bincang-bincang dan webinar dengan para narasumber yang berkompeten di industri desain interior. Setiap sesi kegiatan dapat diikuti secara gratis.

Untuk rangkaian pada Rabu (16/6/2021), terdapat empat acara yang dapat diikuti, lalu di Kamis, 17 Juni 2021, ada tujuh acara. Sedangkan di hari terakhir gelaran, yakni pada Jumat, 18 Juni 2021 dihadirkan lima acara dengan topik yang berbeda-beda.

Namun, bagi Anda yang ingin mengikuti bincang atau webinar sekaligus mendapat HDII DKI E-Certificate pada setiap acara dapat membeli tiket senilai Rp50 ribu. Tiket tersedia di laman Loket.com.

4 dari 5 halaman

Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: