Sukses

Kenalkan Tren Pariwisata, Sandiaga Uno Bersepeda 55 Km dari Yogyakarta ke Borobudur

Menparekraf Sandiaga Uno pun bercerita pengalamannya bersepeda dari Yogyakrat ke Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, memulai hari terakhir kunjungan kerjanya di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan bersepeda. Ia ikut serta dalam ajang Hidup Sehat Series Borobudur, Sabtu (5/6/2021), berdasarkan rilis yang diterima Liputan6.com.

Acara itu diramaikan ratusan peserta yang merupakan staf Citilink Indonesia, Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Bersama peserta lain, Menparekraf menjajal trek Yogyakarta-Borobudur dengan jarak tempuh sejauh 55 kilometer (km).

Sandi dan rombongan berangkat dari halaman Hotel Hyatt Yogyakarta, tempatnya menginap. Mereka kemudian bersepeda menuju Desa Wisata Kembang Arum yang diteruskan ke arah Bendungan Bligo Ancol. Dalam perjalanan, para peserta juga melintasi sejumlah desa wisata, seperti Desa Candirejo, Desa Tuksongo, dan Desa Karang Rejo.

Di sepanjang rute perjalanan, mereka disuguhkan pemandangan alam nan asri. Setelah jalur cukup panjang dan berliku dilalui, para peserta akhirnya sampai di tujuan akhir, yakni di Manohara Borobudur, Kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Setibanya Sandiaga Uno di sana, ia berbagi kesan selama bersepeda tadi. "Ini kita berhasil menyelesaikan track yang cukup menantang, beberapa tanjakan tadi cukup tajam, tapi Alhamdulillah kita bisa finish," ungkapnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tren Pariwisata

Menparekraf menyampaikan bahwa kegiatan bersepeda yang dikemas dalam wisata olahraga itu merupakan tren pariwisata era baru. "Tentunya ini adalah bagian dari kita melakukan kegiatan yang memadukan sport tourism, wisata, dan olahraga. Bergaya hidup sehat. Jadi, ini adalah tren baru pariwisata kita yang (berorientasi pada) alam terbuka dan berolahraga," katanya.

Kegiatan Hidup Sehat Series ini dikatakannya sebagai bagian utama dari pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) yang terdampak akibat pandemi Covid-19. "Bukan hanya tadi kita berolahraga, berwisata, tapi juga ada produk ekonomi kreatif," ujar Menparekraf.

 

3 dari 4 halaman

Bakal Berlanjut

Lebih lanjut Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan, medali yang diberikan pada peserta merupakan karya pelaku ekonomi kreatif. "Cakap sekali dan luar biasa. Ini membangkitkan semangat kita," ungkapnya.

Menparekraf juga turut mengapresiasi Citilink atas digelarnya acara yang berjalan untuk kali kedua tersebut. Sebelumnya, pada Maret 2021, acara ini berlangsung di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Nantinya, kegiatan serupa akan digelar di Danau Toba, Sumatra Utara, lalu disambung di Kupang dan diakhiri di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).  (Jihan Karina Lasena)

4 dari 4 halaman

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.