Sukses

5 Jalur Pendakian Gunung Merbabu yang Siap Dibuka Kembali 14 Juni 2021

Pihak pengelola Taman Nasional Gunung Merbabu mengumumkan pembukaan jalur pendakian.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar gembira bagi para pendaki, Gunung Merbabu di Jawa Tengah akan buka kembali pada 14 Juni 2021. Selama ini, tak sedikit para pendaki yang menanyakan kapan pendakian dibuka kembali.

Kabar dibukanya pendakian Gunung Merbabu diumumkan melalui akun Instagram @btn_gn_merbabu, 26 Mei 2021. Pengumuman tersebut sekaligus menjawab teka-teki tentang pendakian.

"Bagi yang bertanya kapan merbabu dibuka?? Kapan sih? Kapan??? "14 Juni 2021"," tulis pengelola akun tersebut.

Para pendaki diminta untuk memantau terus media sosial resmi Balai Taman Nasional Gunung Merbabu. Selain itu, akan diumumkan persyaratan dan kuota maksimal pendakian.

Unggahan tersebut langsung mendapat beragam komentar dari warganet. Rata-rata mereka senang kabar pendakian Gunung Merbabu akan dibuka kembali.

"Merbabu, tunggu ya, aku masih punya hutang padamu 😉," komentar seorang warganet. "Nostalgia jalur legend thekelan.....👍ternyata sudah banyak perubahan jalur viewnya makin mantaap kelihatan luas sabana nya," timpal warganet lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lima Jalur Pendakian

Gunung Merbabu mempunyai lima jalur pendakian, Cuntel, Selo, Suwanting, Thekelan, dan Wekas. Jika memilih jalur pendakian Cuntel, akan bertemu dengan batas tiga kabupaten (Semarang, Magelang, Boyolali), pertemuan antara jalur pendakian Cuntel, Wekas, dan Thekelan, dilansir dari tngunungmerbabu.org, Jumat, 28 Mei 2021.

Dilihat dari data pengunjung di jalur pendakian Selo, rata-rata adalah wisatawan nusantara yang berasal dari kota-kota besar di Pulau Jawa, dengan menggunakan sepeda motor, mobil, atau menyewa kendaraan. Sementara, jalur pendakian Suwanting merupakan jalur baru di Gunung Merbabu.

Di jalur pendakian Thekelan akan ditemui beberapa sumber mata air, sehingga pendaki bisa mengisi persedian air. Pemandangan yang didapat di antaranya adalah Pereng Putih dan Watu Gubug.

Sementara, jalur pendakaian Wekas termasuk favorit pendaki karena memilii tempat kemah yang luas. Selain itu, terdapat sumber air. Mereka yang memilih jalur ini akan bertemu dua jalur lain, yaitu Cuntel dan Thekelan.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Erupsi Gunung Merapi, Semeru, Sinabung

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.