Sukses

Ini Cara Basmi Kuman dan Bersihkan Peralatan Rumah Tangga dengan Air Panas

Air panas ternyata bisa memperbaiki masalah sehari-hari Anda dalam membersihkan dapur dan peralatan rumah tangga.

Liputan6.com, Jakarta Air panas memiliki manfaat luar biasa bagi kehidupan sehari-hari, bukan hanya untuk masak, menyeduh teh dan kopi saja. Air panas ternyata juga dapat untuk memperbaiki masalah dalam membersihkan area dapur dan peralatan rumah tangga. Hebatnya lagi bisa membantu menghilangkan kotoran dan kuman dari permukaan yang tidak Anda sentuh begitu lama.

Berikut ini beberapa trik cepat dan mudah menggunakan air panas dan bahan-bahan lainnya untuk membantu membersihkan kotoran dan menghilangkan kuman membandel yang menempel di berbagai peralatan rumah tangga. 

Bersihkan Kompor

Kompor gas dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan patogen yang diam-diam dapat membuat Anda tidak sehat. Ini karena saat memasak, partikel makanan kecil sering berserakan di sana-sini. 

Cara sederhana untuk membuat kompor Anda bebas kuman adalah dengan mengambil semangkuk air panas, peras satu buah lemon utuh dan 1 sendok teh garam atau soda kue. Aduk rata dan setelah selesai memasak, ambil saja spons dapur bersih, celupkan ke dalam larutan dan segera bersihkan.

Barang Kembali Berkilau

Air panas bisa membuat peralatan Anda kembali berkilau, bebas kusam dan kotor. Cara mudah sekali, cukup mencelupkannya berbagai peralatan dapur ke dalam larutan air panas, dicampur dengan cuka putih, garam, dan soda kue.

Meskipun Anda mencelupkannya ke dalam air hangat, peralatan tetap bisa bersih dengan sedikit gosokan. Namun bila ingin melihat lebih berkilau dan kebaruan yang sama pada peralatan, celupkan ke dalam larutan ini selama 10 menit lalu gunakan spons pembersih ringan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Usir Bau Tidak Sedap

Setelah memasak daging, ikan maupun telur, Anda pasti pernah mencium ada bau aneh yang tertinggal di sekitar wastafel dapur dan lempengan atau bahkan talenan. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah membersihkan talenan dengan air hangat.

Selain itu, Anda bisa memeras jeruk nipis atau menaburkan sedikit kayu manis atau cengkeh, ini akan membuat air berbau harum. Cukup celupkan spons dan bersihkan permukaannya menggunakan air ini dan itu akan menghilangkan semua bau.

Lancarkan Saluran Pembuangan

Siapkan air panas dan tambahkan 2 sendok makan soda kue. Tuang larutan ini ke saluran pembuangan dan Anda akan kagum melihat hasilnya. Bau akan hilang dan bebas sumbatan. Namun, pastikan airnya tidak terlalu panas ya karena akan mempengaruhi pipa PVC, yang terbuat dari plastik. Panas yang ekstrim bisa mengikis lapisan plastik.

3 dari 3 halaman

Usir Minyak dari Microwave

Manfaat air panas selanjutnya adalah dapat membersihkan microwave dan kuman di dalamnya dalam waktu singkat. Caranya dengan siapkan sedikit air panas dan setengah jeruk nipis, letakkan di mangkuk. Biarkan panas, uap dari air akan membersihkan bau dan keberadaan patogen.

Anda bisa memeras jeruk nipis ke dalam air itu dan mencelupkan spons ke dalam larutan, peras airnya dan bersihkan oven Anda. Sebelum menggunakan spons dapur untuk membersihkan kotoran dan minyak, pastikan microwave dalam kondisi mati. 

Hilangkan Noda Makanan

Air panas dapat bekerja secara luar biasa untuk menghilangkan noda makanan dari anggur, stroberi, atau noda rumput. Cukup rendam kain, handuk dan celemek yang terkena noda dengan air hangat, Anda bisa menambahkan sedikit garam atau soda kue untuk hasil yang lebih baik. Air panas tidak bekerja pada semua noda, tetapi dapat mempermudah pekerjaan Anda sebelum harus benar-benar dicuci dengan deterjen.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini