Sukses

6 Tampilan Ayu Maulida di Miss Universe 2020, Bangga Pakai Busana Rancangan Desainer Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Meski langkahnya terhenti di Top 21, penampilan Puteri Indonesia 2020, Ayu Maulida, di Miss Universe 2020 telah terlanjur menarik banyak pasang mata. Salah satu faktornya tentu pilihan busana yang dipakai pemilik nama lengkap Raden Roro Ayu Maulida Puteri tersebut.

Selain saat malam final yang berlangsung Minggu, 16 Mei 2021, waktu Florida, Amerika Serikat, Ayuma, begitu ia akrab disapa, telah dengan bangga mempersembahkan sederet potongan mode karya desainer Indonesia. Tidak semata melengkapi kebutuhan visual, sejumlah busana itu juga mengemban makna dan representasi kekayaan Indonesia.

Mulai dari gala dinner sampai malam penghargaan, model asal Surabaya, Jawa Timur ini telah memakai busana yang memanjakan mata selama mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2020. Berikut beberapa di antaranya.

1. Kebaya Karya Anne Avantie

Busana karya desainer ternama Anne Avantie jadi salah satu yang dipakai Ayuma saat menghadiri gala dinner Miss Universe 2020, Senin, 10 Mei 2021. Kebaya modifikasi dengan dominasi warna merah marun dan sentuhan emas itu hadir bukan tanpa pesan.

Bertajuk "Nareswari," Ayuma menjelaskan bahwa busana rancangan desainer yang akrab disapa Bunda Anne ini terinspirasi dari keberanian dan semangat perempuan Indonesia yang tidak pernah gagal menginspirasinya.

Nareswari juga "mengizinkan" Ayuma jadi perempuan yang tidak hanya punya keyakinan kuat, tapi juga berani, tenang, dan penuh percaya diri. "Dan itu perempuan Indonesia," tulis Ayu Maulida.

2 dari 8 halaman

2. Kostum Nasional Bertema Komodo

Kemudian saat mempersembahkan kostum nasional, Ayu Maulida tampil anggun memakai busana bertema fauna "warisan prasejarah Indonesia," yakni komodo. Potongan mode ini kolaborasi apik desainer Diana M Putri dari Diana Couture & Accessories Designers, serta Yuling Hoo dan Silvy Prajogo dari Le Ciel Design.

Diana memilih dasar Sequin 3D Black and Gold untuk gaunnya. Aksen itu diklaim menciptakan efek mewah, penuh teka-teki, dan liar yang menyerupai komodo. Potongan dada 3D dan ekor yang dramatis dibuat dengan pemotongan las kulit, serta diwarnai menggunakan metode khusus agar menyerupai reptil raksasa itu. Efek 3D pada ekor kemudian ditekankan dengan boning melalui balens.

Sementara, Yuling Hoo dan Silvy Prajogo memilih tiga jenis logam berbeda dalam pembuatan kostum nasional itu. Ketiganya terdiri dari warna rustic goldbronze, dan black gold untuk menciptakan efek ombre pada gaun tersebut.

"Gaun tersebut terdiri dari lebih dari lima ribu keping logam unik untuk menciptakan pendekatan kostum paling mewah, namun realistis," papar mereka.

Kendati, yang paling rumit adalah aspek mekatronika, di mana headpiece buatan tangan terhubung dengan sistem robotik yang menggabungkan motor, sensorik, dan mikrokontroler. Itu senada dengan kalung dan sarung tangan menyala yang dibuat dengan pengontrol LED. 

3 dari 8 halaman

3. Outfit Tapis Lampung

Saat rehearsal di venue acara, Ayu Maulida tampil menawan dalam balutan terusan warna hitam berlapis outer Tapis Lampung karya desainer Priyo Oktaviano. Busana itu dipadankan Ayuma dengan masker hitam dan sentuhan kasual lewat pemakaian sneakers.

Ia juga melengkapi penampilan dengan menata rambut bun updo dan polesan makeup dari Mustika Ratu. Ayuma juga memakai aksesori, seperti sepasang anting, gelang, serta kacamata hitam. 

4 dari 8 halaman

4. Gaun Malam Bertabur Swarovski

Gaun malam Ayu Maulida di preliminary contest Miss Universe 2020, Sabtu, 15 Mei 2021, merupakan busana bertabur ribuan kristal swarovski hijau karya Diana Putri. Terdapat pula sulaman tangan untuk menciptakan struktur unik terinspirasi formasi alami pepohonan di hutan hujan Indonesia.

Sementara, sentuhan warna emas di sana melambangkan kekuasaan. "Kekuatan dalam pengetahuan untuk melestarikan masa depan kita, serta kekuatan dalam melestarikan anugerah Bumi dan dengan bijak menciptakan alam dunia yang lebih baik," tulis akun Instagram resmi Puteri Indonesia.

Lewat gaun tersebut, Ayuma bersinar bak Dewi Hutan Hujan yang merebut kekuatan dan keindahannya kembali dari "penggundulan hutan yang tidak masuk akal."

5 dari 8 halaman

5. Berbikini

Masih di preliminary contest Miss Universe 2020, sebagaimana finalis lain, Ayu Maulida juga tampak berlenggak-lenggok di atas panggung memakai bikini. Two pieces swimsuit berwarna merah itu jadi satu dari sedikit busana bukan karya desainer Indonesia yang dikenakan Ayuma.

Sebagai bagian dari penghormatan pada tuan rumah kontes kecantikan itu, Ayu memakai busana karya desainer berbasis di Florida, Amerika Serikat, Ema Koja. Lini modenya terkenal akan "konsep dan teknologi strategis, serta karya seni lukis tangan pada garmen untuk menghasilkan tekstur tiga dimensi dan memanipulasi bentuk tubuh dengan ilusi optik."

Tidak hanya bikini, mereka juga memproduksi mulai dari gaun koktail, hingga busana pengantin, di mana konsepnya diklaim cocok dipakai untuk wanita segala usia.

6 dari 8 halaman

6. Refleksi Serpihan Bintang

Bertajuk "Stardust," Ayu Maulida juga memboyong busana karya perancang yang namanya sudah tidak lagi asing, Sebastian Gunawan. Gaun ini, sesuai namanya, dijelaskan terinspirasi serpihan bintang yang berkilau halus.

"Memberi perasaan ajaib, seperti mimpi dan romantis dengan perpaduan emas dan perak yang berkilauan. Saat Ayu melanjutkan ke Miss Universe yang diibaratkan penuh bintang, kami berharap ia bisa bersinar terang seperti bintang untuk Indonesia," tulis akun Instagram Puteri Indonesia di keterangan foto. Bersama makna tersirat itu, busana yang dimaksud tentu cocok dipakai di malam grand final Miss Universe 2020.

 
7 dari 8 halaman

Pakai Masker Boleh Gaya, Biar COVID-19 Mati Gaya

8 dari 8 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: