Sukses

4 Persiapan Simpel Sebelum Salat Idul Fitri

Liputan6.com, Jakarta - Umat muslim si seluruh dunia, termasuk di Indonesia akhirnya merayakan Hari Raya Idul Fitri, setelah berpuasa 30 hari. Di Indonesia, kita merayakan Lebaran di hari ini, Kamis (13/5/2021) yang akan ditandai dengan salat Id atau Idul Fitri.

Ibadah tersebut dilaksanakan pada pagi hari. Biasanya salat ini dilakukan secara berjamaah di masjid ataupun di tanah lapang. Namun, Lebaran tahun ini masih kondisi pandemi Covid-19, sebaiknya dilakukan di rumah. Ada juga beberapa tempat yang mengadakan salat Id berjamaah, tentunya harus dengan menerapkan protokol kesehatan.

Meski salat di rumah, Anda tentu perlu mempersiapkan segala sesuatunya, karena harus tetap tampil rapi walaupun tidak ke luar rumah.. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut empat persiapan simpel sebelum melaksanakan Lantas, apa saja persiapan tersebut? Berikut liputan6.com merangkum empat di antaranya seperti dikutip berbagai sumber, Rabu, 12 Mei 2021.

1. Membersihkan Diri

Membersihkan diri atau mandi merupakan salah satu sunah sebelum melaksanakan salat Idul Fitri. Laki-laki maupun perempuan sebaiknya mandi lebih dulu, bahkan disunahkan untuk wanita yang sudah selesai masa haid dan ingin salat.

Persiapan sederhana ini bisa Anda lakukan setelah salat Subuh agar tidak terburu-buru. Meskipun akan salat Idul Fitri di rumah, namun mandi menjadi salah satu persiapan penting untuk memulai hari, apalagi di hari istimewa seperti Lebaran.

2. Makan Sebelum Salat

Persiapan selanjutnya adalah makan sebelum salat Idul Fitri. Hal ini perlu dilakukan, karena untuk mengisi tenaga di pagihar juga untuk membedakan hari raya dan hari puasa. Paling utama Anda dianjurkan untuk memakan tujuh butir kurma atau kurang asalkan berjumlah ganjil.

2 dari 4 halaman

3. Mengenakan Pakaian Terbaik

Persiapan yang juga penting sebelum salat Id adalah mengenakan pakaian terbaik. Karena di hari Lebaran adalah waktu yang tepat untuk Anda memakai baju yang rapih dan terbaik.

Tidak masalah memakai baju lama asalkan bersih dan terlihat sopan. Bagi laki-laki dianjurkan juga untuk memakai wewangian yang tidak begitu mencolok agar dapat menjalankan salat dengan lebih khusyuk.

 

4. Perbanyak Mengucap Takbir

Hal terpenting lainnya sebelum salat Idul Fitri adalah memperbanyak mengucap takbir. Bahkan disarankan dimulai sejak malam sebelum Lebaran, atau biasa disebut malam takbiran. Di tengah situasi pandemi, Anda bisa mengucap takbir di rumah bersama keluarga. (Muhammad Thoifur)

3 dari 4 halaman

Kegiatan Dilarang dan Dibolehkan Saat Perayaan Idul Fitri 1442 H

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut: