Sukses

Misi Kakak Beradik Bikin Makan Sayur Itu Enak Lewat Beragam Salad

Liputan6.com, Jakarta - Semua orang tahu makan sayur dan buah penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ideal setiap hari. Tapi, tak semua orang menyukainya, khususnya sayuran hijau, dengan beragam alasan. Berangkat dari fakta tersebut, kakak beradik Fitriani Rahma dan Eva memutuskan terjun ke bisnis salad.

Mereka mengemban misi mengbah pola pikir sebagian besar masyarakat Indonesia yang menganggap makan sayur itu tidak enak. "Berawal dari saya dan adik saya yang sangat suka konsumsi salad sayur, tapi kita lihat di pasaran itu belum banyak yang benar-benar serius untuk mengolah sayuran jadi makanan yang enak dan menyenangkan," kata Fitriani Rahma, founder Serasa Salad Bar dalam acara Ngabuburit Virtual bersama Tokopedia, Jumat, 7 Mei 2021.

"Padahal Indonesia itu kan negara tropis, sebagian besar mata pencaharian masyarakatnya petani dan pasti hasilnya itu melimpah salah satunya kan sayur. Jadi, agak miris gitu kalau masyarakatnya justru tingkat konsumsi sayurannya rendah," tambahnya.

Bermodal uang Rp2 juta, tekad, dan keinginan yang kuat, Fitri dan sang adik menjalankan bisnis ini. Ia mulai melakukan riset pasar, berbelanja bahan baku, mencoba berbagai resep homemade dressing yang enak dan berkarakter, hingga mengujinya.

"Setelah kita ketemu resepnya, kita trial error ke temen sama kerabat dan dapat respons yang positif. Akhirnya, kita optimis sama resep kita," kata Fitriani.

Serasa Salad Bar mulai dirintis pada 2015 di Bandung yang merupakan kediaman Fitriani dan sang adik. Sejak awal merintis usaha, dia langsung mengajak petani lokal dan perajin lokal untuk menyukseskan kampanye 'Makan sayur enak dan menyenangkan'.

Tahun pertama bisnis ini dijalankan secara online dan menggunakan sistem pre order. Pesanan konsumen diantar menggunakan kurir sendiri s ebab saat itu belum ada aplikasi ojek daring seperti sekarang. Berbagai tantangan mereka alami selama menjalankan bisnis ini hingga akhirnya pada 2018 bisa membuka cabang di Jakarta, disusul Bekasi pada 2019.

 

2 dari 4 halaman

13 Jenis Salad

Serasa Salad Bar menyediakan sekitar 13 jenis salad segar dan 20 jenis homemade dressing. Sepuluh jenis di antaranyanya tersedia dalam kemasan botol, baik yang terbuat dari mayonaise maupun minyak. Selain itu, Serasa Salad Bar juga menyediakan minuman sehat seperti kefir, teh kombucha, dan beberapa jenis minuman lain.

Salah satu menu yang paling banyak dipesan oleh konsumen adalah salad roll. Selain karena bentuk dan warnanya yang menarik, salad jenis ini juga memiliki rasa yang enak serta sangat praktis untuk dikonsumsi kapan saja dan dimana saja.

Semua produk yang ditawarkan oleh Serasa Salad Bar dapat dijamin kesegarannya, lantaran setiap produk dibuat setelah dipesan. Bahan baku yang digunakan pun dipilih yang terbaik dan diolah sedemikian rupa. Sayuran yang merupakan salah satu bahan utama selalu dibersihkan dan dikeringkan dengan baik agar sampai ke tangan konsumen dalam keadaan segar.

Pada 2021, Serasa Salad Bar mencapai kesuksesan penjualan, yakni penjualan meningkat sampai 17 kali lipat. Hal ini lantaran masyarakat yang mulai sadar dengan kesehatan dan keinginan untuk mencoba hidup sehat dengan konsumsi makanan sehat. (Dinda Rizky Amalia Siregar)

3 dari 4 halaman

Diplomasi Indonesia via Jalur Kuliner

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: