Sukses

Alasan Rossa Belum Izinkan Anaknya Sekolah Tatap Muka

Liputan6.com, Jakarta - Saat in,i kegiatan belajar di sebagian besar sekolah di Indonesia masih dilakukan secara online atau daring karena pandemi Covid-19 masih belum berlalu. Rencana untuk mencoba sekolah tatap muka masih menuai pendapat pro dan kontra dari para orangtua murid, termasuk Rossa.

Rossa mengaku belum mengizinkan anaknya, Rizky Langit Ramadhan, bersekolah tatap muka, meski pemerintah sudah membolehkannya. Rossa tidak merasa repot karena anak belajar di rumah, ia justru merasa diuntungkan dengan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Ditambah anaknya jadi bisa melakoni hobinya menggambar komik sembari belajar dari rumah.

"Terus karena Rizky itu suka komik, abis itu dia bisa gambar-gambar di sekolah nggak bisa. Tapi kalau di rumah kan, dia bisa ngerjain komiknya," ucap Rossa saat ditemui di restoran miliknya, Drumstrairs, di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, beberapa hari lalu.

Tidak hanya bisa melakoni hobinya, pelantun 'Tegar' ini mengaku merasakan perubahan perilaku anaknya yang lebih positif selama PJJ, yaitu bisa lebih mandiri mengatur waktu dan lebih fleksibel.

"Dia jadi bisa atur, aku mau bobo (tidur) siang jam 12, abis sholat zuhur dia bobo siang dulu. Dan nanti masuk lagi, dia bisa dan semuanya pakai alarm. Seneng juga sih aku, jadi anaknya lebih mandiri sebetulnya," terang penyanyi kelahiran 42 tahun lalu ini.

Kalau kebanyakan anak kurang fokus selama PJJ, Rizky cenderung lebih fokus. Bahkan remaja yang duduk di kursi SMP itu bertahan selama berjam-jam lamanya menatap layar untuk belajar.  "Dia nggak bosan diam di depan komputer dari jam setengah 8 pagi sampai setengah 4 sore," tutur Rossa.

2 dari 4 halaman

Tak Sulit Dampingi Anak

Manfaat lain yang dirasakan Rossa selama PJJ, ia juga jadi lebih sering berkomunikasi dengan para guru, pengajar Rizky di sekolah. Selain itu, ia juga bisa lebih dekat dengan anaknya, karena kebanyakan pekerjaannya bisa dilakukan dari rumah selama pandemi ini.

"Awal aku bisa buka restoran ini kan karena dari kumpul-kumpul sama temen-temen aku di rumah, kita bahas mau buka usaha restoran, kita masak dan nyoba menunya di rumah aku, sampai akhirnya aku sama beberapa teman membuka restoran," jelasnya.

Ia pun merasa tidak terlalu sulit mendampingi anaknya. "Aku nggak terlalu susah mendampingi, apalagi aku kerjanya kayak banyak di rumah lumayan panjang. Jadi kita di rumah bisa liat Rizky, aku deket sama guru-gurunya, apapun itu pastiin segalanya," terangnya.

Rossa menjelaskan sekolah tempat putranya, Rizky Langit Ramadhan belajar sudah menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Misalnya, jumlah siswa yang belajar sangat terbatas, dan ada rolling atau siswa yang masuk ke sekolah bergantian selama dua minggu, sebagian lainnya online. Meski begitu, Rossa tetap belum mengizinkan putranya untuk sekolah tatap muka.

3 dari 4 halaman

Target Belajar Tatap Muka Juli 2021, Siapkah?

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut: