Sukses

Siapa yang Akan Berdiri di Antara Pangeran Harry dan Pangeran William dalam Prosesi Pemakaman Pangeran Philip?

Posisi Pangeran William dan Pangeran Harry dalam prosesi pemakaman Pangeran Philip itu dinilai sebagai tanda keretakan hubungan keduanya belum pulih.

Liputan6.com, Jakarta - Rasa penasaran publik tentang bagaimana pengaturan posisi Pangeran William dan Pangeran Harry dalam prosesi pemakaman Pangeran Philip, terjawab. Kakak beradik itu akan berjalan terpisah sejauh 12 kaki saat mengikuti peti mati kakek mereka dari belakang.

Dilansir dari The Sun, Jumat (16/4/2021), putra Putri Anne, Peter Philips akan berdiri di antara Harry dan William. Total 30 orang akan bergabung dalam prosesi pelepasan Duke Edinburg setelah mengabdi selama 73 tahun itu.

Pihak Istana Buckingham mengatakan, seluruh peraturan yang menerapkan protokol kesehatan telah disetujui oleh anggota keluarga dan mewakili keinginan Yang Mulia.

Upacara pemakaman diawali dengan berkumpulnya seluruh pangeran dan bangsawan lain pada pukul 14.41 untuk mempersiapkan diri sebelum prosesi berlangsung. Setelah itu, mereka akan berangkat pada pukul 14.45 waktu setempat, menuju Kastil Windsor dengan berjalan kaki selama delapan menit.

Susunan pelayat pada prosesi ini sangat kontras dengan pemakaman Putri Diana pada 1997 ketika para pangeran muda berdiri tanpa jarak di belakang peti mati sang ibu. Ketika memasuki pintu kapel esok hari, Pangeran William akan berada di samping Peter, sedangkan Pangeran Harry akan berada di samping Earl of Snowdon.

Lalu, Ratu Elizabeth II akan diantar menuju upacara pemakaman dengan menggunakan mobil State Bentley miliknya. Seluruh tamu akan mengenakan masker selama prosesi upacara berlangsung.

Mengheningkan cipta satu menit secara nasional akan diadakan pada pukul 15.00. Hal ini menandai dimulainya layanan pemakaman yang diperkirakan akan berlangsung hingga pukul 15.30. Sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku, seluruh pelayat yang datang akan duduk dengan jarak dua meter.

"Ratu telah menemukan solusi terbaik untuk masalah ini. Saya membayangkan ini akan sulit, tapi Ratu sudah menjelaskan rencananya secara detail. Sungguh memalukan karena hal ini bisa terjadi," ujar penulis biografi kerajaan, Penny Junor, tentang keretakan antara William dan Harry.

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keretakan Hubungan

"Saya pikir keretakan antara dua bersaudara itu benar-benar tragis. Setelah semua yang mereka lalui bersama selama masa kanak-kanak dan kehidupan dewasa yang sulit, saya berharap mereka bisa mengatasinya," sambungnya.

Sejak Pangeran Harry dan Meghan Markle memutuskan berhenti dari tugas kerajaan, Pangeran William dan Harry hampir tidak berbicara. Istana Kensington belum mengonfirmasi apakah kedua saudara itu telah berhubungan satu sama lain atau belum.

"Ini adalah pemakaman. Kami tidak akan terlibat dalam persepsi dan drama. Pengaturan telah disetujui dan mewakili keinginan Yang Mulia," ujar juru bicara Istana Buckingham saat ditanya mengenai prosesi yang mencerminkan hubungan bersaudara tersebut.

Mereka mengatakan, prosesi pemakaman itu akan melibatkan empat anak Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip serta perwakilan dari cucu mereka dan beberapa bangsawan lainnya. "Duke telah memperkirakan dan merencakan apa yang akan dilakukan saat kejadian ini terjadi. Maka, keluarga harus melaksanakan keinginan itu dengan cara terbaik yang mereka bisa," tambah juru bicara.

Berdasarkan rincian yang telah dirilis, anak tertua dari Pangeran Philip, Charles dan Putri Anne ini akan memimpin prosesi pemakaman yang diikuti oleh Pangeran Andrew dan Edward secara berdampingan. Lalu, di belakang mereka akan berjalan Harry, William, dan Peter. Bagi mereka yang berjalan dalam prosesi, tidak perlu menggunakan masker.

Selain itu, 20 anggota keluarga lainnya, termasuk Camilla dan Kate, akan pergi ke kapel secara terpisah menggunakan mobil mereka. Paduan suara yang terdiri dari empat penyanyi akan memberikan penampilan mereka selama kebaktian berlangsung, sedangkan para tamu yang hadir tidak diperkenankan untuk bernyanyi sesuai dengan aturan pemakaman di masa pandemi ini. (Dinda Rizky Amalia Siregar)

3 dari 3 halaman

Megxit, Mundurnya Harry dan Meghan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.