Sukses

Sandiaga Uno Dorong Pelaku UMKM Promosikan Produk di Hari Belanja Brand Lokal

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, (Menparekraf) Sandiaga Uno optimistis, adanya peningkatan jumlah peserta UMKM dalam 'Hari Belanja Brand Lokal' (HBBL) 2021 dibandingkan tahun lalu. Dia mencatat, pada 2020, jumlah peserta yang terlibat dalam ajang HBBL mencapai lebih dari 1.000 UMKM.

Menurut Sandi, kampanye HBBL 2021 akan memajukan merek lokal untuk bisa berkembang dan memajukan UMKM. HBBL sendiri dicetuskan oleh Hypefast bersama dengan berbagai brand lokal tanah air dengan dukungan Kementerian Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI).

"Saya mendukung penuh beragam inisiatif yang bisa memajukan brand lokal untuk bisa berkembang dan menguatkan satu sama lain dengan terus mengedepankan strategi inovasi dan kolaborasi," terangnya dalam jumpa pers virtual 'Hari Belanja Brand Lokal 2021', Kamis (15/4/2021).

Pria yang akrab disapa Sandi ini menambahkan, penyelenggaraan HBBL 2021 menjadi ajang bagi para pelaku ekonomi kreatif untuk bisa mempromosikan usaha mereka. Ia juga mengajak merek lokal dan pelaku kreatif Indonesia untuk berpartisipasi dalam HBBL 2021. Tujuannya, agar, mereka bisa memanfaatkan peluang untuk memperluas bisnis. 

"Maksimalkan kesempatan ini untuk mempromosikan produk Anda kepada masyarakat luas, dan buktikan kalau produk lokal tidak kalah istimewanya dari produk luar negeri," ucapnya lagi.

Pada HBBL 2020 sebanyak 1.000 merek lokal berkumpul, saling berkolaborasi dan meraih pendapatan total hingga Rp130 miliar serta mempertahankan 4.000 lapangan kerja selama pandemi COVID-19.

2 dari 4 halaman

Bertahan di Tengah Pandemi

"Tahun ini kami ingin bantu brand lokal meningkatkan penjualan mereka. Kami targetkan 2.000 brand lokal di HBBL 2021. Kami ingin mengulang kesuksesan dan jadi lebih kuat memberi kesempatan bagi semua brand lokal kita, baik merek kecil maupun yang sudah mapan," kata Director of Hypefast Tinton Ardian, dalam kesempatan yang sama.

Kegiatan ini juga merupakan bentuk dukungan terhadap program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam upaya membantu meningkatkan pertumbuhan para pelaku usaha di bidang ekonomi kreatif.

Sementara itu, Ketua Umum IWAPI Nita Yudi mengatakan, HBBL bisa menjadi sarana untuk membangun relasi antara brand lokal Indonesia, sehingga bisa membentuk ekosistem brand-brand lokal agar bisa bertahan di tengah pandemi.

"Peranan lain komunitas adalah dapat memberikan program-program peningkatan soft skill dan kewirausahaan serta membentuk kebijakan. Dengan adanya komunitas juga membuka peluang-peluang sesama brand untuk membentuk ide dan inovasi baru yang lebih kreatif dan banyak diminati," jelas Nita Yudi.

3 dari 4 halaman

7 Tips Aman Belanja di Pasar Saat Pandemi Covid-19

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut: