Sukses

Ini 11 Rahasia Orang yang Selalu Memiliki Rumah Bersih dan Rapi

Rumah bersih dan rapi bukan berasal dari peralatan pembersih yang canggih dan mahal, ukan juga karena setiap jam harus bersih-bersih dan merapikan.

Liputan6.com, Jakarta Rumah bersih dan rapi bukan berasal dari peralatan pembersih yang canggih dan mahal,  ukan juga karena setiap jam harus bersih-bersih dan merapikan. Melainkan kemauan dan kemampuan pemilik rumah untuk mewujudkannya. Dari tahu cara menata barang, timing untuk membersihkan rumah hingga berbagi tugas dengan anggota keluarga.

Bagi Anda yang selalu ingin memiliki rumah bersih dan rapi, bisa mengintip beberapa rahasia berikut ini dikutip dari berbagai sumber. Setelah tahu, jangan tunda lagi untuk mempraktekannya.

1. Mereka tahu cara memberi ruang

Rahasia pertama orang yang memiliki rumah bersih dan rapi adalah mereka tahu cara menata barang dan memberikan ruang. Tidak menumpuk barang sembarangan. Untuk hal ini, mulailah mengikuti aturan seperti satu masuk, satu keluar. Saat Anda membeli sesuatu yang baru, jual, atau sumbangkan barang lama untuk memberi ruang bagi barang baru itu. Selain itu, jangan menyimpan peralatan di atas meja dan membiarkan meja yang berantakan.

2. Mereka menjaga permukaan tempat sampah

Umumnya, orang membuang sampah atau membersihkan kotak sampah saat sampah sudah menumpuk dan menggunung. Jangan tunggu sampah melimpah. Dengan menjaga permukaan tempat sampah tetap datar, itu tidak hanya membuat tampilan lebih indah, tetapi juga lebih mudah untuk membersihkannya. 

3. Mereka mengatur jadwal pembersihan 

Orang dengan rumah yang rapi cenderung memiliki jadwal dan rutinitas pembersihan sehingga kotoran dan cucian tidak punya waktu untuk menumpuk. Misalnya, mereka menetapkan hari yang ditentukan untuk menyedot debu atau mencuci pakaian setiap hari Jumat atau Sabtu. Meski begitu, Anda tetap perlu melakukan sesuatu yang kecil setiap hari. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Mereka berpikir bersih saat masuk ke dalam rumah

Ketika sepatu ditinggalkan di depan pintu, Anda mencegah racun, tanah, daun, dan barang lainnya yang dengan cepat mengotori lantai agar tidak masuk ke rumah Anda. Itu salah satu contoh berpikir bersih. Agar tidak berantakan, Anda bisa menggunakan rak sepatu yang memiliki penutup.

5. Mereka punya tempat untuk setiap barang

Jika Anda memiliki terlalu banyak barang tanpa tempat, kekacauan dan tumpukan di rumah Anda menjadi sesuatu yang sulit untuk benar-benar dibersihkan. Jadi, pastikan setiap barang-barang yang Anda miliki tersimpan dan ditempatkan pada tempat yang sebagaimana mestinya.

6. Mereka menemukan cara cerdas untuk menyimpan 

Orang dengan rumah bersih menggunakan kecerdasan mereka untuk membuat barang-barang tetap teratur. Semuanya sudah ditata, sehingga Anda memiliki akses yang mudah dan dapat melihat item dengan lebih jelas. Anggaplah penyimpanan dan pengaturan sebagai bagian dari dekorasi Anda. Tidak hanya membuat bersih dan rapi, itu akan memanjakan mata. 

7. Mereka membersihkan saat mereka pergi

Orang-orang yang rumahnya selalu tampak bersih tidak menunggu sampai tampak seperti sebuah bom yang meledak.

Misalnya, Anda menata ulang bantal dan guling, melipat selimut setelah bangun tidur dari kasur. Meminta anak-anak meletakkan mainan kembali ke dalam kotak, menggantung pakaian setelah selesai mencuci, dan begitu kering, bisa dilipat terlebih dahulu sebelum disetrika.

 

3 dari 3 halaman

8. Mereka tahu cara mendelegasikan tugas

Kebersihan rumah menjadi tanggung jawab setiap anggota keluarga. Setiap orang harus memiliki tugas mingguan seperti membersihkan debu, mengosongkan sampah, menyedot debu, menyapu, dan lain-lain. Tidak hanya orang dewasa yang bertanggung jawab, tetapi anak-anak juga.

9. Mereka membuat kegiatan bersih-bersih bukan seperti tugas

Jadikan aktivitas bersih-bersih rumah menyenangkan dengan mendengarkan podcast favorit Anda. Dapatkan headphone Bluetooth nirkabel untuk memberi Anda kebebasan bergerak di sekitar rumah. Anda bahkan mungkin mendapatkan banyak cukup langkah kaki yang bisa menjadi bagian dari latihan.

10. Mereka menangani piring kotor dengan cepat

Jika Anda terbangun di wastafel yang penuh dengan piring kotor, secara praktis akan membuat rumah terlihat berantakan. Untuk hal ini, Anda harus mencuci piring dan barang lain segera setelah selesai dipakai. Jangan sampai membiarkan sisa makanan masih menempel, yang bisa menyulitkan pembersihan dan bahkan menciptakan bau tak sedap. Pastikan sebelum tidak ada cucian piring kotor yang bisa merusak suasana esok hari.

11. Mereka menyewa tenaga pembersih

Mereka yang mengutamakan kebersihan dan keindahan rumah tak ragu untuk menyewa tenaga pembersih. Dengan kesibukan setiap individu, keberadaan pembantu rumah tangga (PRT) jadi bagian penting untuk memastikan rumah selalu bersih dan rapi.

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini