Sukses

Kontroversi Klaim Sandal Ramah Muslim Selebritas Malaysia

Sandal diklaim ramah Muslim ini dibanderol lebih tinggi dari merek serupa brand tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha, sekaligus selebritas Malaysia, Neelofa, tengah dilanda arus kritik setelah meluncurkan produk sandal baru. Pasalnya, item kolaborasi dengan merek alas kaki, Fibber, ini dipasarkan dengan klaim "ramah Muslim."

Beberapa menyebut klaim sandal itu sebagai strategi pemasaran yang gagal, bahkan menyindir untuk sekalian saja diberikan label halal. 

Melansir laman AsiaOne, Sabtu (10/4/2021), saat peluncuran awal pekan ini, pemilik nama asli Noor Neelofa Mohd Noor ini menampilkan "sandal ringan dengan perlindungan yang lembut dan 'ramah Muslim.'"

Dibanderol 79,90 ringgit Malaysia (Rp280 ribu), sandal yang dipasarkan dalam warna Magenta Violet, Pink Plum, dan Violet ini tercatat lebih tinggi ketimbang rangkaian item Fipper lain di situs web mereka.

Menanggapi kontroversi yang berlangsung, merek alas kaki Malaysia itu mengeluarkan pernyataan di akun media sosial mereka, mengatakan bahwa semua produk alas kaki sebelumnya tidak sesuai dengan citra wanita Muslim yang memakai kaus kaki.

Dijelaskan pula bahwa sandal tersebut cocok untuk wanita Muslimah yang memakai kaus kaki, tapi juga ingin memakai sandal dalam waktu bersamaan. Merek tersebut pun meminta maaf atas kebingungan yang ditimbulkan.

Atas penjelasan itu, beberapa warganet menyoroti gimmick pemasaran dari seluruh kolaborasi ini sebagai semata cara agar konsumen membeli sandal tersebut. "Bisa juga disebutkan ramah bagi pemakai kaus kaki. Orang lanjut usia yang bukan Muslim pun umumnya pakai kaus kaki," tulis salah satu pengguna Facebook.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Memanfaatkan Kontroversi

Kontroversi sandal ramah Muslim ini segera saja dimanfaatkan pelaku bisnis lintas sektor untuk turut serta meramaikan trending topic "Muslim Friendly." Salah satunya dilakukan merek burger, juga asal Malaysia, myBurgerLab.

Di salah satu unggahan media sosialnya, mereka mengunggah meme yang menuliskan bahwa produk mereka sudah "ramah Muslim sejak tahun 2012."

Sebagaimana dilaporkan Advertising + Marketing, salah satu pendiri MyBurgerLab, Chin Renyi, mengatakan bahwa timnya menganggap lucu untuk "menggoda" klaim sepatu itu.

3 dari 3 halaman

Pakai Masker Boleh Gaya, Biar COVID-19 Mati Gaya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.