Sukses

6 Manfaat Luar Biasa Extra Virgin Olive Oil untuk Kulit, Rambut Dan Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Minyak zaitun atau olive oil pertama kali ditemukan di Asia hampir 3000 tahun yang lalu, dan telah digunakan secara luas sejak saat itu sebagai obat alami untuk menyembuhkan luka. Namun, orang-orang Mediterania yang pertama kali mengenali nilai sebenarnya dari tanaman ini, menggunakannya untuk berbagai tujuan, yang lebih dari sekadar penyembuhan luka.

Orang-orang cerdik inilah yang pertama kali menyadari bahwa minyak yang diekstrak dari zaitun, yang sekarang dikenal sebagai minyak zaitun, mengandung banyak lemak tak jenuh tunggal. Hal ini memberikan efek positif pada kadar kolesterol darah Anda dan juga memerangi penyakit kardiovaskular lainnya. Minyak zaitun yang diekstrak ini juga digunakan sebagai pelembab yang efektif dan perawatan yang sangat baik untuk iritasi kulit.

Berdasarkan tingkat pemrosesan yang dilakukan pada minyak zaitun, yang paling murni dan paling sehat adalah minyak zaitun extra virgin atau Extra Virgin Olive Oil. Minyak ini diproduksi dengan cara mengepres dingin buah zaitun yang baru dipanen, tanpa menggunakan bahan kimia atau perasa buatan. Faktanya, ini adalah satu-satunya minyak nabati yang dapat dikonsumsi dalam bentuk alami, tanpa pengolahan apapun.

Dikutip dari stylecraze.com, inilah beberapa manfaat luar biasa dari extra virgin olive oil;

1. Mencegah penyakit jantung

Manfaat terbesar extra virgin olive oil adalah mengontrol kadar kolesterol LDL dan meningkatkan kadar HDL. Tidak ada jenis minyak lain yang mengandung lemak tak jenuh tunggal dalam jumlah besar. Penelitian telah menunjukkan bahwa individu yang mengonsumsi lebih atau kurang 2 sendok makan minyak zaitun setiap hari menunjukkan lebih sedikit akumulasi kolesterol LDL dan peningkatan tingkat antioksidan.

2. Antioksidan tinggi

Karena jenis minyak zaitun ini benar-benar murni atau tidak tercemar, minyak ini sarat dengan vitamin dan antioksidan tinggi.

3. Manfaat pencernaan

Tidak seperti jenis minyak nabati lainnya, minyak zaitun extra virgin mudah dikonsumsi. Ia bekerja sebagai pelindung bagi mereka yang menderita maag dan masalah gastritis atau penyakit lambung lainnya.

Ketika dikonsumsi dalam bentuk alami, minyak zaitun menginduksi produksi empedu dan hormon pankreas secara alami, lebih dari obat lainnya. Terlebih lagi, ini membantu menurunkan kemungkinan pembentukan batu empedu.

4. Pelembab efektif

Extra virgin olive oil yang dikenal sebagai EVOO, juga sering disebut sebagai "rahasia kecantikan". Selain menjadi pelembab kulit yang sangat baik, ini membantu menstimulasi perbaikan sel agar kulit lebih kencang dan halus. Jika Anda mengoleskan minyak ini ke kulit, segera setelah mandi, Anda akan menikmati kulit halus dan mulus, sesuatu yang selalu Anda dambakan.

5. Menumbuhkan kembali rambut secara alami

Banyak pria dan wanita mengalami kerontokan rambut akut dan terus mencari solusi alami. Extra virgin olive oil terbukti efektif untuk pertumbuhan kembali rambut.

6. Jaga kelembapan rambut

Sarat dengan vitamin, mineral, dan antioksidan, minyak zaitun membantu mempertahankan kelembapan di rambut Anda dan menstimulasi pertumbuhannya. Ini juga melindungi rambut Anda dari kotoran, polusi, dan sinar matahari yang kuat.

Jangan lupa untuk menjadikan minyak ajaib, extra virgin olive oil ini sebagai bagian dari keseharian Anda. manfaatkan minyak zaitun extra virgin dengan sebaik-baiknya dan nikmati perubahan positifnya. Tetap sehat! 

 

(*)