Sukses

6 Manfaat Mentimun buat Kesehatan, Bukan Hanya untuk Kulit

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang yang mengonsumsi mentimun sebagai bahan atau pelengkap makanan. Mentimun sering dihidangkan sebagai lalapan, acar,, garnis, atau juga dibuat jus.

Mentimun mengandung banyak air sehingga segar bila dijadikan minuman. Terkadang, mentimun yang masih segar juga dimanfaatkan untuk perawatan kulit wajah. Dirangkum dari laman Healthline, Kamis, 25 Maret 2021, berikut enam manfaat memtimun untuk kesehatan tubuh.

1. Kaya akan nutrisi

Meski rendah kalori, mentimun mengandung banyak vitamin dan mineral penting yang tinggi. Mentimun juga memiliki banyak serat yang cukup membuatnya ideal untuk dikonsumsi setiap hari.

Selain itu, buah lonjong ini mengandung air yang tinggi, sebesar 96 persen. Untuk memaksimalkan manfaatnya, sebaiknya dimakan tanpa dikupas. Mengupas kulit mentimun dapat mengurangi jumlah serat, vitamin, dan mineral tertentu.

2. Mengandung antioksidan yang kuat

Antioksidan merupakan molekul yang mampu mencegah atau memblokir reaksi kimia yang dikenal sebagai radikal bebas. Akumulasi radikal bebas yang tinggi sangat berbahaya karena bisa menyebabkan beberapa jenis penyakit kronis, seperti penyakit jantung, paru-paru dan autoimun. Buah dan sayuran, termasuk mentimun dapat membantu mengurani risiko radikal bebas, karena mengandung antioksidan yang kuat.

3. Meningkatkan pemenuhan hidrasi

Manusia sangat membutuhkan air untuk bertahan hidup. Mentimun termasuk sumber air yang baik dan dapat meningkatkan hidrasi atau pemenuhan kebutuhan cairan tubuh Pemenuhan hidrasi yang tepat dapat meningkatkan segalanya mulai dari kinerja fisik hingga metabolisme tubuh.

Dalam sebuah penelitian, status hidrasi dinilai dan dicatat untuk pola makan sehat yang dikumpulkan 442 anak. Mereka menemukan bahwa peningkatan asupan buah dan sayuran berkaitan erat dengan status hidrasi. Karena itu, mengonsumsi mentimun sagat efektif dalam meningkatkan pemenuhan kebutuhan cairan harian Anda.

2 dari 4 halaman

4. Membantu menurunkan berat badan

Mentimun berpotensi untuk membantu menurunkan berat badan. Mengonsumsinya dalam jumlah banyak tak akan bermasalah karena kalorinya rendah, selain mengenyangkan.

Mentimun juga dapat dikreasikan berbagai makanan, seperti salad, sandwich, dan lauk sebagai pengganti alternatif kalori yang lebih tinggi. Selain itu, kandungan airnya yang tinggi dapat membantu menurunkan berat badan.

5. Menurunkan kadar gula darah

Salah satu manfaat paling baik dari mengonsumsi mentimun adalah membantu menurunkan kadar gula darah. Beberapa penelitian menemukan bahwa mentimun dapat mengurangi kadar gula darah dan mencegah beberapa komplikasi diabetes.

Selain itu, mentimun kemungkinan juga efektif untuk mengurangi gejala stres pada manusia. Namun, bukti untuk itu masih sangat terbatas dan perlu penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya.

6. Mencegah sembelit

Mengonsumsi mentimun juga dapat membantu dan mengontrol pergerakan usus secara teratur. Dehidrasi merupakan faktor risiko utama sembelit, karena mengubah keseimbangan air dan membuat buang air besar menjadi sulit.

Mentimun yang mengandung banyak air dianggap cocok untuk mengatasi masalah tersebut. Mentimun juga mengandung pektin, sejenis serat larut, yang dapat membantu meningkatkan frekuensi buang air besar secara teratur.  (Muhammad Thoifur)

3 dari 4 halaman

Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut: