Sukses

Begini Manfaat Mentimun Selain Bisa Jadi Lalapan

Liputan6.com, Jakarta Mentimun merupakan salah satu sayur yang biasa menjadi pelengkap. Bisa untuk pelengkap masakan atau dijadikan lalapan ketika makan. Namun ternyata di balik itu semua, mentimun juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Ketahuilah, mentimun dapat digunakan untuk merevitalisasi mata ketika Anda kelelahan atau pada saat bengkak. Selain itu, mentimun yang dibuat jus ternyata juga bisa bermanfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya? Berikut ini beberapa manfaat jus mentimun, seperti melansir laman Magforwomen, Kamis (28/1/2021).

1. Mempertahankan tulang

Kebutuhan vitamin K yang harus terpenuhi untuk kekuatan tulang juga akan terpenuhi jika Anda banyak mengonsumsi jus mentimun.

Vitamin K yang dibutuhkan tulang dapat membantu meningkatkan perkembangan jaringan tulang yang kuat, menjaga kesehatan ginjal, serta berperan dalam pembentukan darah.

2. Mencegah kanker

Siapa sangka, salah satu jenis kanker yang dapat menyerang organ reproduksi internal wanita (karsunoma) dan adenakarsinoma dapat dicegah dengan jus mentimun yang dikonsumsi secara teratur.

Mentimun yang kaya akan nutrisi secara efektif dapat mencegah perkembangan kanker, khususnya kedua jenis kanker tersebut, dalam tubuh.

3. Mengatur kadar keasaman tubuh

Kadar asam yang berlebih dalam tubuh akan menimbulkan efek yang mengganggu. Salah satu solusinya adalah Anda bisa mengonsumsi jus mentimun. Karena memiliki mineral alkali, jus mentimun dinilai mampu mengatur tingkat pH darah dalam tubuh.

Selain itu, jus mentimun juga dapat membantu Anda untuk mengobati tukak lambung dan duodenum dengan cara mengonsumsinya secara rutin.

4. Menghidrasi tubuh

Di dalam mentimun ternyata mengandung sekitar 95 persen air. Karena itu, mentimun dianggap bisa meningkatkan hidrasi tubuh.

Selain itu, karena memiliki banyak kandungan air, mentimun juta dapat mengeluarkan racun, melancarkan pencernaan, dan meningkatkan penurunan berat badan.

5. Melawan kolesterol dan diabetes

Selain mengandung banyak air, mentimun juga mengandung sterol yang dapat membantu Anda menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Di samping itu, mentimun yang dijadikan jus juga dapat membantu pankreas dalam pembuatan insulin. Oleh sebab itu, jus mentimun juga dapat membantu pasien diabetes menjaga kadar gula darahnya secara optimal.

 

2 dari 2 halaman

6. Mengurangi nyeri sendi

Mentimun juga mengandung silika yang berlimpah. Kandungan tersebut dikenal dapat meningkatkan kesehatan sendi karena mampu membuat jaringan ikat menjadi lebih kuat.

Selain itu, mentimun juga kaya akan vitamin A, B1, B6, C dan D, folat, magnesium, kalsium , serta kalium yang baik untuk kesehatan tulang dan sendi. Jika dikombinasikan dengan wortel, nutrisi dalam minuman tersebut akan membantu meredakan asam urat dan nyeri artritis.

7. Meredakan kulit terbakar akibat sinar matahari

Jika Anda keluar ketika matahari sedang terik-teriknya sehingga kulit Anda merasa terbakar, mentimun yang dihaluskan akan membantu meredakannya. Anda bisa mengoleskan jus mentimun ke area kulit yang terasa terbakar. Dengan begitu, kulit Anda akan terasa lebih dingin.

8. Meningkatkan sistem kekebalan

Di dalam mentimun juga mengandung Cu atau tembaga yang membantu otak membuat neurotransmiter. Kandungan tersebut juga dapat membantu perkembangan sel darah merah serta meningkatkan sistem kekebalam tubuh Anda.

Selain itu, kandungan Cu juga dianggap mampu melindungi tubuh dari kerusakan sel ketika Anda terpapar racun yang ada di lingkungan. Tembaga juga bertanggung jawab atas penciptaan energi sehinggan membuat pikiran dan tubuh kembalu aktif dan sehat.

9. Memperkuat tulang dan gigi

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, mentimun dapat menggantikan susu untuk memperkuat tulang dan gigi.

Tak hanya itu, jus mentimun juga dapat meningkatkan kepadatan tulang, membantu sistem saraf, dan membantu keseimbangan hormonal dalam tubuh.

10. Menjaga kulit

Mengonsumsi jus mentimun secara rutin dianggap dapat membantu Anda menjaga kulit agar tetap sehat dan bersih dari noda-noda.

Banyak ahli kecantikan merekomendasikan untuk menggunakan jus mentimun dalam perawatan kulit. Jus mentimun bisa untuk merawat kulit karena mampu membersihkan jerawat dan bekas jerawat.

Selain itu, mentimun juga memiliki antioksidan yang tinggi sehingga mampu menurunkan tingkat peradangan, bengkak, dan flek atau noda jika digunakan secara teratur.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati