Sukses

Gucci Rilis Sneakers Anyar Berbentuk Digital, Hanya Bisa Dilihat Tak Bisa Dipakai

Sebuah perusahaan memprediksi akan makin banyak label yang mengeluarkan produknya, termasuk sneakers, dalam bentuk digital.

Liputan6.com, Jakarta - Gucci kembali meluncurkan koleksi sneakers yang mengundang perbincangan. Pasalnya, sneaker ini dirilis tidak berbentuk sepatu seperti biasanya, melainkan dalam bentuk digital. Anda tak akan bisa memakainya.

Sneaker ini mengadopsi teknologi augmented reality (AR) dan token non-fungible (NFT). Cara ini menjadi salah satu upaya bagi Gucci untuk tetap menjadi yang terdepan dalam tren realitas virtual.

Mengutip Hypebeast, Jumat, 19 Maret 2021, produksi sneaker virtual ini berkolaborasi dengan perusahaan teknologi yang berbasis di Belarusia bernama Wanna. Perusahaan ini dikenal mengadopsi teknologi AR untuk membuat model tiga dimensi yang dapat digunakan untuk sepatu kets digital dan jam tangan.

Wanna sudah tidak asing lagi bagi dunia mode dan teknologi. Sebelumnya, perusahaan ini juga telah bekerja sama dengan merek Reebok, Puma, dan Snapchat untuk menguji respons konsumen terhadap pakaian secara virtual.

Melalui sepatu digital ini, Gucci menargetkan konsumen Gen Z yang erat dengan teknologi dan belum mampu membeli produk mereka secara fisik. Terlebih, label asal Italia itu menunjukkan kesuksesan besar dalam beradaptasi dengan dunia pakaian virtual.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berapa Harganya?

Sepatu virtual ini dijual dengan harga 8,99 dollar AS atau sekitar Rp130 ribu di aplikasi Wanna. Sedangkan melalui aplikasi Gucci, sepatu ini bisa didapat dengan harga 11,99 dollar AS atau setara Rp172 ribu.

CEO Wanna, Sergey Arkhangelskiy memprediksi teknologi NFT dan AR akan terus berkembang dalam waktu dekat. Sepatu ini juga akan tersedia dalam jumlah yang tidak terbatas.

"Dalam lima atau mungkin 10 tahun, sebagian besar pendapatan merek fesyen akan datang dari produk digital," kata Arkhangelskiy dalam sebuah pernyataan.

"Sasaran kami sebagai perusahaan adalah benar-benar menggantikan foto produk dan menggantinya dengan sesuatu yang jauh lebih menarik dan mendekati belanja offline." (Melia Setiawati)

3 dari 3 halaman

4 Zodiak yang Mudah Jatuh Cinta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.