Sukses

Heboh Pengunjung Kena Biaya Servis Rp50 Ribu karena Tak Pesan Nasi di Warung Makan Pinggiran

Liputan6.com, Jakarta - "Viral makan di pinggiran kena biaya sevice," begitulah keterangan unggahan TikTok akun @doharto yang kemudian viral. Di klip singkat tersebut, ia mengutarakan kekecewaan, mengklaim bahwa pihaknya harus membayar biaya servis karena tidak memesan nasi.

Berdasarkan unggahan tersebut, insiden ini terjadi di sebuah warung makan terapung di kawasan Percut Sei Tuan, Deli Serdang, Sumatra Utara. Pemilik akun TikTok itu tampaknya sudah membawa sendiri ikan seberat 10,3 kilogram (kg).

Ini merujuk pada konsep warung makan yang memang mengenakan biaya untuk bumbu dan upah masak. Dari tempat makan tersebut, Doharto terlihat memesan sajian pelengkap, termasuk kerupuk, serta beberapa minuman, seperti es teh manis dan air mineral.

Namun, setelah melihat tagihan, ia mengaku kecewa mendapati biaya servis sebesar Rp50 ribu. "Katanya karena kami tidak pesan nasi, makanya jadi dihitung service. Padahal, kami tidak pesan nasi karena ikan kami sudah 10,3 kg," tulisnya.

Di unggahan lanjutan, Doharto menjawab beberapa pertanyaan warganet. Salah satunya yang menuliskan bahwa memang seharusnya ada biaya servis yang berlaku. Tapi, Doharto menuliskan, "Masih ada kolom kosong. Kenapa nggak dibuatkan di sana? Kan sudah lama buka."

Di klip selanjutnya, ia juga berbagi video yang memperlihatkan suasana rumah makan tersebut. Di sana, si pengunjung mengatakan bahwa dirinya kapok untuk berkunjung. "Tapi, buat kalian yang mau ya tidak apa-apa. Tapi ingat, tanya jelas biaya menyebrang PP, dan biaya segalanya," tulisnya.

2 dari 4 halaman

Tanggapan Pemilik Warung Makan

Lewat sebuah komentar balasan, wanita yang diketahui sebagai pemilik warung tersebut pun memberi tanggapan atas kekecewaan pelanggannya. Bukan penjabaran panjang, ia memilih respons menohok. 

"Lain kali masak di rumah aja, biar tidak kena biaya servis," ujar pemilik warung. Video itu sendiri telah mendapat ragam komentar dari penghuni jagat maya. Beberapa ada yang pro, sementara tak sedikit pula yang kontra.

"Sebetulnya tidak apa-apa kalau dikenakan biaya servis, tapi penjelasannya yang benar. Jangan dibilang karena tidak pesan nasi. Karena banyak juga warung seperti ini mengenakan biaya servis dan itu nggak apa-apa," tulis salah satu netter.

3 dari 4 halaman

Perhatikan Cara Cuci Tangan yang Benar

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: