Sukses

Pangeran William Nyatakan Keluarga Kerajaan Inggris Tidak Rasis Tanggapi Wawancara Meghan-Harry

Pangeran William juga menyampaikan bahwa ia belum bicara dengan adiknya, Pangeran Harry setelah wawancara tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Pangeran William bereaksi terkait klaim rasisme yang mencuat setelah wawancara Meghan Markle dan Pangeran Harry dengan Oprah Winfrey. Wawancara pasangan tersebut telah tayang pada 7 Maret 2021 lalu.

"Kami bukan keluarga rasis," kata Pangeran William kepada reporter Sky News, saat ia dan sang istri Kate Middleton muncul pertama kalinya sejak wawancara tersebut, seperti dilansir dari laman People, Jumat (12/3/2021).

Saat ditanya apakah William telah bicara dengan Pangeran Harry usai wawancara itu, ayah tiga anak ini pun menanggapi. "Tidak, saya belum bicara dengannya, tapi saya akan melakukannya," tambah William.

Sementara, ketika diwawancara Oprah, Meghan Markle menyebut ada kekhawatiran dan percakapan soal seberapa gelap kulit (Archie) saat ia lahir. Hal tersebut diklaim Meghan disuarakan oleh anggota keluarga kerajaan.

Dalam wawancara itu, Oprah menekan Pangeran Harry soal masalah tersebut dan menanyakan siapa yang mengungkapkan komentar rasial itu. "Percakapan itu tidak akan pernah saya bagikan. Itu canggung. Saya sedikit terkejut," jelasnya.

Pangeran Harry lantas memberi tahu Oprah bahwa pihak itu bukan kakek neneknya, Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip. Menyusul masalah itu, sebuah pernyataan dirilis Istana Buckingham pada Selasa, 9 Maret 2021 atas nama Ratu membahas masalah yang diangkat selama wawancara.

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pernyataan Ratu Elizabeth II

"Seluruh keluarga sedih mengetahui sepenuhnya betapa menantang beberapa tahun terakhir bagi Harry dan Meghan. Isu yang diangkat, terutama ras, sangat memprihatinkan," bunyi pernyataan itu.

"Meskipun beberapa ingatan mungkin berbeda, ingatan itu ditanggapi dengan sangat serius dan akan ditangani oleh keluarga secara pribadi. Harry, Meghan dan Archie akan selalu menjadi anggota keluarga yang sangat dicintai," tutup pernyataan tersebut.

Saat ditanya soal gambaran hubungan dengan Pangeran William, Harry menjelaskan bahwa hubungan adalah ruang. "Waktu menyembuhkan semua hal, mudah-mudahan," kata Pangeran Harry.

"Saya sangat mencintai William. Dia saudara saya. Kita telah melalui penderitaan bersama. Tapi kami berada di jalur yang berbeda," lanjutnya.

3 dari 3 halaman

Pangeran Harry dan Meghan Markle Mundur

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.