Sukses

Garut Punya Gumuk Pasir yang Mirip Gurun Sahara di Afrika

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia banyak mempunyai tempat wisata yang indah, unik dan menarik. Banyak juga yang mungkin belum diketahui banyak orang, seperti Gumuk Pasir Tungtung Karang di Garut, Jawa Barat.

Baru-baru ini viral di media sosial pesona keindahan Gumuk Pasir Tungtung Karang. Keunikan tempat wisata tersebut pertama kali diunggah oleh pemilik akun TikTok @nizaramrullah. Video yang diunggah pada 17 Februari 2021 tersebut memperlihatkan Gumuk Pasir yang keindahannya mirip Gurun Sahara di Afrika.

"Garut Selatan sekarang punya gumuk pasir loh, jadi enggak usah jauh-jauh lagi ke Jogja," tulis keterangan pada video tersebut. Komentar itu merujuk pada tempat wisata Gumuk Pasir Parangkusumo di Yogyakarta yang juga berupa gurun pasir.

Tempat yang disebut "Sahara Van Garut" ini terletak di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Gumuk pasir itu berada di kawasan Pantai Sayang Heulang yang terkenal akan keindahannya.

Gumuk Pasir Tungtung Karang dianggap tempat yang sangat pas buat Anda yang ingin berburu foto atau membuat konten ala Timur Tengah. Dilansir dari akun Instagram dan Facebook @exploregarut, selain bisa menikmati suasana ala gurun pasir, Anda juga bisa bermain di sekitar Pantai Sayang Heulang.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke gurun pasir di Garut ini adalah di sore hari. Selain tidak terlalu panas, Anda juga bisa menikmati panorama senja yang memukau.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 4 halaman

Anginnya Kencang

Pesona Gumuk Pasir Tungtung Karang di Garut yang diunggah di TikTok itu pun menuai beragam komentar dari warganet.

"Aku pernah ke sana emang bagus banget tapi anginnya besar banget sampai kerudung aku terbang malu banget woy," komentar seorang warganet.

"Bangga banget woe jadi orang garut," timpal warganet yang lain. Ada pula yang tak sabar ingin berkunjung ke Gumuk Pasir Tungtung Karang di Garut. "Oke tempatnya udah ada, sekarang tinggal nyari temennya," tulis @Pipin.

Sampai berita ini ditulis, unggahan tentang tempat wisata Gumuk Pasir Tungtung Karang di Garut itu sudah dilihat lebih dari 1,1 juta kali dan disukai lebih dari 117 ribu kali.

3 dari 4 halaman

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: