Sukses

Menparekraf Sandiaga Uno Tinjau Lokasi Vaksinasi COVID-19 Drive Thru bagi Wisatawan di Bali

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno telah meninjau lokasi yang diusulkan sebagai tempat vaksinasi COVID-19 drive thru di Bali. Berdasarkan keterangan resmi pada Liputan6.com, Jumat, 26 Februari 2021, lokasi tersebut menggunakan lahan kosong seluas satu hektare di area Waterbom Bali.

Usulan lokasi vaksinasi COVID-19 ini pun disampaikan CEO Waterbom Bali, Sayan Gulino, dan disambut baik Menparekraf. "Ini merupakan inisiatif yang sangat bagus dan sebagai salah satu bentuk inovasi konkret. Konsep vaccine drive thru sebelumnya sudah diuji coba di Disneyland California dan Florida," kata Sandi.

Rencananya, vaksinasi COVID-19 dengan konsep drive thru ini akan diperuntukkan bagi wisatawan yang berkunjung ke Bali. "Jadi, nanti para wisatawan bisa datang ke Bali dan diarahkan untuk melakukan vaksinasi atau yang disebut vaccine based tourism (wisata berbasis vaksin),” sambungnya.

Mengingat ada masa observasi selama 30 menit untuk melihat gejala klinis pascapemberian vaksin, Sandi menyebut, prosedur tersebut bakal disesuaikan dengan konsep drive thru. "Mudah-mudah dengan adanya inisiasi dan kolaborasi ini, Insyallah akan punya snowball effect," kata mantan Wakil Gubernur Jakarta tersebut.

Ia menyambung bahwa vaksinasi COVID-19, termasuk dalam konsep drive thru, nantinya akan didorong untuk diterapkan di semua destinasi pariwisata domestik, tak hanya Bali. Menparekraf juga menjelaskan, ada empat daerah di Bali yang sudah diarahkan untuk memperoleh vaksin COVID-19, yaitu Nusa Dua, Ubud, Sanur, Kuta, dan Nusa Penida

Kawasan-kawasan ini dipilih karena tingkat mobilitas dan intensitas kunjungan wisatawan, serta kegiatan ekonomi kreatifnya terbilang tinggi. Sandi berharap, daerah tersebut nantinya dapat jadi zona hijau atau zona bebas COVID-19

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 4 halaman

Kandidat Lokasi Vaksinasi COVID-19 Drive Thru di Bali

Usulan lokasi vaksinasi COVID-19 drive thru, Waterbom Bali, merupakan salah satu taman air terbaik se-Asia. Terdapat fasilitas seluncuran kelas dunia, yang dibangun sesuai standar keselamatan internasional, juga ruang hijau, sehingga pengunjung bisa merasakan kesejukan area wisata ini.

Di samping itu, penerapan protokol kesehatan berbasis Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability (CHSE) dan amenitasnya dinilai sudah sangat baik. "Selain tempatnya indah, kita lihat fasilitas di Waterbom ini cukup luas, sehingga memudahkan manuver dan mobilitas, dan tentunya menjaga jarak aman dengan prosedur baku yang diterapkan," kata Sandi.

"Dari sisi amenitas, Waterbom Bali memiliki kebersihan yang baik. Terlihat dari toiletnya yang bersih dan tempat sampahnya yang juga less touch. Dengan fasilitas yang baik ini, kita harapkan dapat memberi kenyamanan dan keamanan bagi wisatawan yang berkunjung,” sambungnya. 

Turut mendampingi dalam agenda peninjauan tersebut, yakni Sekretaris Kemenparekraf/Sekretaris Utama Ni Wayan Giri Adnyani, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan (Event) Rizky Handayani, CEO Waterbom Bali Sayan Gulino, dan Penasehat Dharma Wanita Kemenparekraf/Baparekraf Nur Asia.

3 dari 4 halaman

Timeline Vaksinasi COVID-19 di Indonesia

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: