Sukses

Cara Membuat Sup Tom Yum Vegetarian, Sajian Nikmat Kala Hujan

Liputan6.com, Jakarta - Sajian yang hangat sangat cocok menemani hari ketika cuaca dingin saat musim hujan. Seperti sup tom yum vegetarian yang juga dapat jadi inspirasi Anda untuk menyantap makan siang bersama keluarga tercinta.

Sup tom yum adalah santapan khas Thailand dengan disajikan panas dengan kuah yang asam. Dalam bahasa Thailand, tom mengacu pada proses perebusan, dan yam berarti campur. Meski dibuat dengan udang, Anda dapat membuatnya versi vegetarian.

Apa saja bahan-bahan dan bagaimana cara membuat sup tom yum vegetarian? Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti dilansir dari laman PinkVilla, Rabu, 24 Februari 2021, berikut ini.

Bahan-bahan sup tom yum vegetarian:

5 cup kaldu sayuran

1 batang bawang bombay ukuran sedang

2 batang seledri

1 wortel ukuran sedang

6 siung bawang putih

6 batang thyme dan peterseli

2 cup air

2 batang serai

3--4 lembar daun jeruk

3 buah cabai merah

1--2 potong jahe

1/2 cup irisan jamur shiitake

1 cup bokchoy

1/2 cup tomat cincang halus

2 sdt kecap

1/2 sdt gula

1 sdt jus lemon

2 cup tahu

Daun bawang

Garam

2 dari 4 halaman

Langkah-langkah Pembuatan:

1. Siapkan kaldu sayuran dengan menambahkan 1 batang bawang bombay ukuran sedang cincang halus, 2 batang seledri, 1 wortel ukuran sedang, 6 siung bawang putih, dan 6 batang thyme dan peterseli, daun bawang dalam wajan. Tambahkan sedikit garam dan 2 cangkir air.

2. Biarkan sayuran matang selama 30 menit dengan api sedang. Saring kaldu dan buang sayurannya.

3. Tambahkan 5 cangkir kaldu sayuran ke dalam wajan. Tambahkan 2 batang serai cincang, ditambah 3-4 lembar daun jeruk nipis, 3 buah cabai merah, 3 siung bawang putih, dan 1-2 potong jahe, iris tipis.

4. Tambahkan ke dalam wajan 1/2 cangkir irisan jamur shitake. Didihkan kaldu dan masak jamur dengan api sedang selama 5-7 menit.

5. Lalu tambahkan 1 cangkir bok choy cincang dan 1/2 cangkir tomat cincang halus. Tumis selama 2-3 menit dengan api besar.

6. Tambahkan 2 sdt kecap, 1/2 sdt gula, dan 1 sdt jus lemon ke dalam wajan. Tambahkan 2 cangkir tahu yang dipotong dadu kasar.

7. Tambahkan sedikit garam dan biarkan mendidih selama 2-3 menit. Untuk membuatnya pedas, Anda bisa menambahkan 2 sdt sambal ke dalam wajan.

8. Tuang sup ke dalam mangkuk sup dan hiasi dengan daun ketumbar segar. Sajikan selagi panas.

3 dari 4 halaman

Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: