Sukses

Manfaat Konsumsi Kolagen, Menutrisi hingga Jaga Elastisitas Kulit Wajah

Liputan6.com, Jakarta - Perawatan sejak dini tak hanya membuat kulit wajah tetap sehat, tetapi juga ternutrisi. Ada ragam langkah yang dapat ditempuh, termasuk mengonsumsi kolagen secara teratur yang baik untuk kulit wajah.

Nutritionist Youvit Puteri Aisyaffa, menyampaikan kolagen merupakan protein khusus yang ada dalam tubuh. Sebenarnya, tubuh secara alami telah memiliki kolagen, namun tetap butuh tambahan asupan dari luar.

"Kita memang butuh tambahan dari luar lagi untuk memaksimalkan produksinya di dalam tubuh," kata Puteri Aisyaffa dalam konferensi pers virtual yang digelar Selasa (23/2/2021).

Aisya melanjutkan, banyaknya kolagen sekitar 70--80 persen di dalam tubuh dan berfungsi sebagai lem. Jaringan di tubuh antara tendon, tulang, hingga ligamen disambungkan dengan kolagen.

"Fungsi kolagen untuk kulit, menjaga elastisitas kulit, menjaga kulit agar tetap kencang, mengurangi garis halus pada wajah. Garis halus adalah cikal bakal keriput," tambahnya,

Dikatakan Aisya, manfaat lain dari kolagen adalah untuk menutrisi kulit dari dalam. Meski kolagen telah ada dalam tubuh, namun penambahan suplemen akan kian menjaga kulit wajah.

"Kolagen memang sudah ada dalam tubuh, tapi kita tambahkan lagi suplemennya. Itu bisa memaksimalkan nutrisi dari dalam. Terakhir, (kolagen) membuat tekstur kulit menjadi halus," jelasnya.

2 dari 4 halaman

Suplemen Kolagen Bentuk Gummy

Inovasi berupa suplemen kolagen dipersembahkan lewat kolaborasi Youvit dan Erha, yakni Youvit x Erha Collagen. Suplemen kolagen yang hadir dalam bentuk gummy ini terdiri atas beberapa kandungan penting bagi kulit.

"Ada 1000 miligram bioactive collagen peptides dan vitamin C. Dua zat ini bisa bekerja untuk menutrisi kulit dari dalam, mengurangi garis-garis halus, dan menjaga elastisitas kulit," kata Rachel Olsen selaku Nutritionist Youvit, dalam kesempatan yang sama.

Rachel menambahkan, vitamin C dalam suplemen ini sangat penting, karena tanpa vitamin C, kolagen tidak bisa terbentuk. Disebutkannya, kandungan 1000 miligram bioactive collagen peptides itu ada dalam dua buah gummy.

Suplemen kolagen dalam bentuk gummy bergambar mawar tersebut dapat langsung dikunyah. Dikatakan Rachel, hal tersebut jadi cara natural untuk mengonsumsi suplemen karena tinggal dikunyah dan ditelan

"Beda dengan bentuk lain, seperti yang pil atau bubuk karena sebenarnya pencernaan itu mulai dari mulut saat kita mengunyah, jadi penyerapannya akan lebih baik juga," ungkapnya.

3 dari 4 halaman

3 Area Wajah Sering Disentuh Tangan Rentan Covid-19

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: