Sukses

Penjelasan Jasa Marga tentang Jalan Tol yang Bersenandung Lagu Happy Birthday

Jalur yang bisa "bernyanyi" ini ditemukan di jalan tol Ngawi-Kertosono-Kediri KM 644 +200B arah Surabaya-Solo.

Liputan6.com, Jakarta - Jalan tol Ngawi-Kertosono-Kediri KM 644 +200B arah Surabaya-Solo belum lama ini mendadak viral di TikTok. Dalam unggahan akun @anakbaba, terdengar ruas jalan tol yang dapat bernyanyi lagu Happy Birthday.

"Ini dia jalan tol yang bisa nyanyi. Okay kita lihat habis ini, 50 meter lagi. 1,2,3...," ucapnya dalam video.

Tak lama, sebuah nada lagu Happy Birthday terdengar. Pemilik akun TikTok ini pun terkejut setelah mendengar suara tersebut. "GILAKKK GAKK TUHHH, KOK BISA SIHHH KAYA BEGITUUU," tulisnya sebagai keterangan klip.

Hingga Jumat pagi, (5/2/2021), unggahannya telah disukai lebih dari 500 ribu pengguna dan mendapat lebih dari tiga ribu komentar. Inovasi ruas jalan bisa bernyanyi itu sendiri disebut juga dengan singing road.

Mengutip dari unggahan akun resmi @official.jasamargatransjawatol, Jumat (5/2/2021), singing road merupakan marka jalan berbentuk rumble strip yang dipasang di lajur dua jalan tol arah Surabaya menuju Solo.

Selain itu, Jasa Marga mengatakan, singing road ini jadi yang pertama dan satu-satunya diterapkan di jalan tol Indonesia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa Fungsinya?

Inovasi singing road sendiri berfungsi sebagai peringatan agar pengguna jalan berhati-hati ketika berkendara. Mengingat, banyak insiden kecelakaan lalu lintas yang disebabkan pengemudi mengantuk saat menyetir.

Marka jalan ini akan mengeluarkan bunyi saat mobil melaju dengan kecepatan 80--100 km/jam.

Nada-nada yang bersenandung tersebut akan membentuk semacam lagu yang keras dan jelas. Jika tingkat kecepatan mobil lebih atau kurang dari 80--100km/jam, nada tersebut tak akan terdengar dengan baik. (Melia Setiawati)

3 dari 3 halaman

Jangan Remehkan Cara Pakai Masker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.