Sukses

5 Bahasa Cinta Sebagai Ungkapan Hati, Anda Tipe yang Mana?

Banyak bahasa cinta yang bisa digunakan untuk mengungkapkan isi hati. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Ungkapan kasih sayang dalam sebuah hubungan sangat penting. Namun, cara orang mengungkapkan bahasa cinta itu berbeda-beda.

"Dalam psikolog itu ada lima bahasa cinta, mulai dari kita memberikan pujian, quality time, typical touch, memberikan hadiah, dan tindakan konkret atau langsung," ujar psikolog dan co-founder Biro Psikologi TigaGenerasi, Saskhya Aulia Prima M.Psi, dalam konferensi pers daring "Ungkapan Hati Cadbury", Rabu, 27 Januari 2021.

Saskhya mencontohkan tindakan langsung atau konkret itu dengan memberikan bantuan kepada istri atau suami saat mengerjakan tugas. Dengan begitu, ia akan merasa penting. Sementara, typical touch bisa dengan cara memberikan pelukan.

"Bahasa cinta itu bisa digabung-gabungkan, kalau sekarang WFH, misalnya memberikan makanan, cemilan, cokelat, sambil memberikan pujian," imbuh Saskhya.

Sementara itu, penulis buku Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini (NKCTHI) Marchella FP menyampaikan pentingnya mengungkapkan perasaan kepada pasangan secara terbuka. Tetapi, banyak orang Indonesia yang kesulitan memilih kata-kata cinta yang tepat untuk pasangannya, ataupun malu menyampaikannya.

"Budaya ketimuran kita itu membuat kita malu, minder, takut. Banyak dari teman kita yang tahu tentang sayang, tahu suka, atau peduli, tapi nggak tahu bagaimana bentuk untuk mengungkapkannya. Itu peran aku di sana menerjemahkan rasa itu menjadi kata-kata," ucap Marchella.

Pengungkapan perasaan dinilainya penting karena bisa menghangatkan hubungan. "Rasa itu seperti tanaman harus dirawat dan dijaga kalau tidak bisa mati dan hilang," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kurang Nyaman

 

Selain itu, banyak orang yang merasa pasangannya mampu membaca pikirannya. Akhirnya, orang tersebut diam menunggu pasangannya bereaksi.

"Nanti dia juga paham, nanti dia juga tahu. Banyak hal yang ditunda-tunda sehingga berbahaya," ujar Marchela lagi.

Maka, ia pun mendukung kampanye terbaru Cadbury untuk mengajak publik mengungkapkan rasa sayang kepada pasangannya. Pengungkapan rasa sayang bisa disampaikan lewat medium bungkus cokelat bagi kekasih.

Head of Chocolate Mondelez Indonesia Rachel Angelina mengingatkan bahwa setiap orang punya nilai kebaikan, sehingga patut diapreasi dengan rasa cinta yang tepat. Utamanya bagi pasangan yang sudah lama menikah. "Sudah jarang bilang, aku sayang kamu, kamu sangat penting dalam hidupku," kata Rachel. 

Berdasarkan riset kolaborasi antara Cadbury dan Rumah Konsultasi Psikologi TigaGenerasi lewat Instagram terungkap, sebanyak 78 persen responden sadar memastikan rasa sayang kepada pasangan sangat diperlukan. Namun, 63 persen responden mengaku susah untuk mengungkapkan perasaan. Sedangkan, 45 persen responden memilih untuk tidak mengungkapkan isi hatinya kepada pasangan sehingga disimpan sendiri.

3 dari 3 halaman

6 Hal Dilakukan Pria Ketika Jatuh Cinta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.