Sukses

Terinspirasi Meme Viral, Boneka Rajut Bernie Sanders Terjual Ratusan Juta Rupiah dalam Lelang Amal

Padahal, boneka rajut Bernie Sanders ini dibanderol hanya Rp14 ribu dalam penawaran awal.

Liputan6.com, Jakarta - Perbincangan mengenai Senator Vermont, Bernie Sanders, dan sarung tangannya yang viral masih terus berlanjut. Foto Sanders duduk di bangku sambil melipat tangan saat upacara pelantikan presiden Amerika Serikat, pekan lalu, telah jadi meme populer di media sosial.

Fenomena ini kemudian menginspirasi komunitas perajut, dan kini wujud Sanders hadir lewat sebuah boneka rajut buatan seorang wanita asal Texas, Amerika Serikat.

Melansir laman Insider, Rabu (27/1/2021), boneka rajut yang dinamai Bernie's Mittens Crochet Doll ini dilelang untuk amal melalui sebuah situs belanja online.

Boneka rajut itu sendiri dibuat sama persis seperti Sanders dalam gambar viral bidikan fotografer Brendan Smialowski. Dengan aksen jaket burton, boneka itu juga dilengkapi sarung tangan, serta masker yang dikenakan pria 79 tahun tersebut.

"Saya tak sabar berbagi apa yang telah saya kerjakan hari ini!" tulis Tobey Time Crochet, sebuah toko Etsy milik Tobey King dari Corpus Christi, Texas, di akun Facebook-nya, beberapa waktu lalu.

Ia mengaku telah memiliki pola boneka Sanders sejak setahun lalu. Karenanya, dalam membuat karya teranyar ini, King hanya perlu menambah jaket dan sarung tangan seperti yang dikenakan Sanders saat upacara pelantikan.

Boneka rajut Bernie Sanders ini dibuat dari akrilik dan benang katun setinggi sekitar 22,8 centimeter (cm).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Awalnya Hanya Rp14 Ribu

Tobey Time Crochet pertama kali membagikan tentang Bernie Mittens Crochet Doll melalui Facebook, satu hari setelah pelantikan, Kamis, 21 Januari 2021. 

"Ini adalah hal paling menakjubkan yang pernah saya lihat sejak itu benar-benar terjadi! Saya pikir Anda harus membuatnya dan mengirimkan ini padanya (Sanders)," tulis seorang pengguna Facebook.

"Benar-benar brilian! Kami perlu membuat ini dan semua orang bisa menampilkan karya rajutan 'Bernie duduk' di landmark di seluruh dunia," sambung yang lain. 

Melihat antusias itu, Tobey Time Crochet lantas mengumumkan bahwa boneka rajut Bernie's Mittens Crochet Doll dijual di situs eBay. 100 persen hasil penjualannya akan disumbangkan untuk organisasi Meals on Wheels.

Berdasarkan laporan Beautifull House, King mendaftarkan boneka itu seharga 0,99 dolar Amerika (Rp14 ribu). Namun, setelah 167 penawaran, boneka rajut itu terjual seharga Rp286 juta. (Melia Setiawati)

3 dari 3 halaman

Infografis Pelantikan Presiden AS Joe Biden & Wapres Kamala Harris

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.