Sukses

Ajak WNA Tinggal di Bali, Warganet Sarankan 4 Tempat Wisata buat Kristen Gray

Liputan6.com, Jakarta - Seorang turis asal Amerika Serikat (AS) Kristen Gray telah memicu kontroversi di media sosial setelah cuitannya tentang kepindahannya ke Bali menjadi viral. Ia pun mengajak turis asing untuk pindah ke Bali saat pandemi corona Covid-19.

Warga Negara Asing (WNA) itu dinilai seenaknya tinggal di Bali, menggunakan visa turis selama enam bulan, untuk bekerja dan menetap di Pulau Dewata selama kurang lebih satu tahun. Kristen juga diyakini tidak membayar pajak, tapi masih bisa menikmati kehidupan mewah selama berada di Bali bersama kekasihnya. Yang bikin lebih geram, ia mengajak WNA lain untuk mengikuti jejaknya.

Selain banyak warganet yang marah, tak sedikit pula yang menyarankan Kristen Gray menyambangi beberapa kawasan lain di Indonesia. Tak kalah dari Bali, beberapa tempat wisata di Indonesia ini disebut punya biaya hidup super murah. Apa saja?

1. Alas Purwo

Beberapa warganet menyarankan Kristen Gray dan pasangannya yang overstay untuk tinggal di Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur. Saran untuk pindah ke Alas Purwo pertama kali dicuitkan oleh akun @hydrococko. Ia menuliskan kalau Alas Purwo lebih murah biaya hidupnya ketimbang Bali.

"Orang Amerika! Ada tempat ini jauh lebih baik dari Bali, murah dan penggelapan pajak mudah, itu adalah Alas Purwo, penduduk setempat juga sangat ramah," tulisnya. Mereka menyebut Gray wajib berkunjung ke Alas Purwo untuk menikmati surga tersembunyi, dengan sensasi mistis yang terkenal di hutan itu.

2. Gunung Kawi dan Lawang Sewu

Tempat lainnya yang disarankan warganet adalah Gunung Kawi dan Lawang Sewu untuk melihat keindahan selain Bali. Hal ini dicuitkan oleh akun @kopisabi. "AMERICANS. Anda tidak perlu pergi ke Bali untuk mengunjungi surga!! Anda bisa pergi ke Gunung Kawi atau bahkan Lawang Sewu," cuitnya.

Si pemilik akun juga menyarankan untuk mengatakan kata-kata kasar di dalam kawasan bersejarah ini untuk menyapa candi dan bangunan bersejarah tersebut. Lalu, tunggu apa yang akan terjadi!

2 dari 3 halaman

3. Pantai Selatan

Warganet juga banyak menyarankan Kristen Gray untuk mengunjungi Pantai Selatan seperti Parang Tritis dan Pelabuhan Ratu. Namun, jangan lupa untuk menggunakan pakaian hijau!

"Ada tempat yang jauh lebih baik daripada Bali, pantai yang indah dan penduduk setempat yang sangat ramah. Disebut Pantai Parangtritis di Pantai Selatan. Sangat disarankan untuk mengenakan pakaian hijau agar sesuai dengan suasana pantai yang mempesona ini," cuit akun @farhancaeee.

Banyak yang mengatakan, mengenakan pakaian hijau di Pantai Selatan berhubungan dengan mitos jika orang tersebut bakal hilang atau ditelan ombak laut selatan yang ganas. Keberadaan mitos ini tidak lepas dari kisah Nyi Roro Kidul. Kabarnya, kalau memakai pakaian hijau, kamu akan dianggap sebagai bagian dari Kerajaan Gaib Laut Selatan.

4. Danau Toba

Danau Toba juga menjadi destinasi yang harus dikunjungi oleh turis nakal seperti Kristen Gray. Menurut cuitan akun @sleepycookies, jangan lupa untuk menyempatkan diri berenang menggunakan semua perhiasan emas di danau vulkanik terbesar di dunia tersebut.

"Atau Anda bisa berenang di Danau Toba. Danau vulkanik terbesar di dunia! Tempat yang sangat indah dan jangan lupa pakai semua perhiasan emasmu saat berenang, wajib dicoba!" tulisnya.

Konon, ada mitos yang mengatakan kalau berenang dengan menggunakan perhiasaan membuat roh leluhur atau penunggu di Danau Toba menjadi terpikat pada orang tersebut, sehingga mereka akan tenggelam dan sulit ditemukan jasadnya.

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi