Sukses

Ratu Elizabeth II Punya Koleksi Barang Langka Seharga Rp1,9 Triliun

Liputan6.com, Jakarta Di sela kesibukannya, Ratu Elizabeth II masih memiliki waktu untuk melakukan berbagai hal yang disukainya. Seperti berkuda, jalan-jalan, hingga mengunjungi keluarga. Namun, selain hal-hal tersebut, Ratu Elizabeth II punya hobi lain yang cukup unik.

Hobi tersebut juga disebut-sebut bernilai sangat mahal, yaitu mencapai 100 juta poundsterling atau sekitar Rp 1,9 triliun. Apa hobi sang ratu yang sangat mahal itu?

Dilansir dari laman Mirror, 16 Desember 2020, hobi yang ditekuni Ratu Elizabeth sejak masih muda itu adalah mengoleksi prangko. Ia kini sudah berhasil mengumpulkan koleksi prangko langka dari berbagai masa dengan harga yang luar biasa.

Salah satu koleksi berharga Ratu Elizabeth adalah perangko tahun 1847 yang berasal dari Kantor Pos Mauritius. Prangko ini awalnya dibeli oleh kakek Ratu Elizabeth, Raja George V pada 1904.

Saat itu, Raja George V membeli prangko tersebut dengan harga 1.450 pound sterling atau setara dengan 60 ribu pound sterling (Rp1,1 miliar) untuk kurs sekarang. Prangko tersebut kemudian diberikan kepada Ratu Elizabeth dan dipamerkan ke publik pada 2002 dalam pameran keliling yang digelar untuk merayakan Queen's Golden Jubilee.

Ratu Elizabeth pernah menjual beberapa koleksinya pada 2001 dan 2002. Saat itu koleksi prangko Ratu Elizabeth laku terjual dengan harga 750 ribu pound sterling atau sekitar Rp14,2 miliar.

Ratu Elizabeth kemudian memakai uang hasil penjualan salah satu koleksinya untuk membeli prangko baru. Waktu itu ia membeli 10 set unik prangko berperekat pertama, Penny Blacks, dengan harga 250 ribu poundsterling (Rp4,8 miliar).

2 dari 4 halaman

200 Kotak Prangko

Selama puluhan tahun, Ratu Elizabeth terus menambah koleksinya. Sang Ratu memiliki lebih dari 300 album dan sekitar 200 kotak penyimpanan prangko.

Saat tidak sedang dipamerkan, koleksi prangkonya akan disimpan di brankas Istana St. James. Pakar kerajaan, Phill Dampier, menyebut Ratu Elizabeth sangat suka memamerkan koleksinya kepada pengunjung istana.

"Ratu senang menunjukkan koleksi prangkonya kepada pengunjung. Itu adalah salah satu kebanggan dan kegembiraan bagi beliau," ucap Phil kepada Fabulous Online di Istana Buckingham.

Hal ini juga diakui menjadi kebanggan bagi keluarga kerajaan, karena etiap prangko punya nilai historis bagi Kerajaan Inggris. Salah satu alasannya, sejak prangko pertama kali dibuat pada 1840, sudah menampilkan potret raja Inggris.

3 dari 4 halaman

Kenali Cara Kerja Vaksin Covid-19

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: