Sukses

6 Memorabilia Teraneh Berkaitan dengan Putri Diana yang Dijual Mahal

Apa saja memorabilia teraneh yang berakitan dengan Putri Diana dan ditawarkan dengan harga tinggi?

Liputan6.com, Jakarta - Seiring ketenaran serial The Crown, minat publik kepada memorabilia yang terkait dengan Putri Diana juga ikut meningkat. Tingkat pencarian yang berhubungan dengan jejak ibunda Pangeran William dan Pangeran Harry itu disebut meroket di situs jual beli eBay dalam beberapa minggu terakhir.

Terhitung sejak serial itu ditayangkan, eBay melaporkan peningkatan 73 persen berkaitan dengan pencarian soal Putri Diana. Para penggemar sang Mawar Inggris itu sepertinya memburu apapun yang bahkan tak terkait langsung dengan Diana. Beberapa bahkan dinilai bisa membuat orang biasa mengernyitkan dahi, dikutip dari laman The Sun, Senin (14/12/2020).

1. Sejumput Rambut

Pada Oktober lalu, seorang penjual yang mengaku dari Amerika Serikat menarik perhatian publik karena menjual sejumput rambut sang putri senilai hampir 300 Pound sterling atau Rp5,6 juta. Untuk membuktikan rambut tersebut benar-benar milik Diana, ia menunjukkan dokumen setebal 10 halaman yang berisi penjelasan soal keasliannya.

Ia mengklaim Diana menyelotipkan rambutnya di sela-sela buku dengan tulisan 'My Lock, Diana 1995.' Tetapi, buku yang dimaksud tak termasuk yang dijual.

2. Kue Pengantin yang Sudah Digigit

Barang lain yang agak pribadi yang dijual adalah sepotong kue buah dari kue pernikahan Diana dan Charles yang digigit sebagian. Setelah mengikat janji sebagai suami istri pada Juli 1981, pasangan tersebut menyumbangkan lapis kue teratas ke kantor estate Duchy of Cornwall di London Selatan.

Kini, seorang putri dari seorang anggota staf menawarkan sepotong kue yang sebelumnya berisi frosting krim keju asli dan lapisan gula kuning seharga 180 Pound sterling atau sekitar Rp3,7 juta. Kue tersebut bahkan sudah tidak lagi dimakan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Buklet Upacara Pemakaman

Salah satu memorabilia yang luas biasa nyeleneh adalah buklet yang berisi agenda pemakaman Putri Diana pada September 1997. Buklet tersebut diberikan kepada siapa pun yang menghadiri prosesi pelayanan di Westminster Abbey. Menurut penjual di eBay, pamflet itu secuil sejarah yang semestinya dihargai, dipuja, dan dikenang.

Buklet tersebut ditawarkan 4.500 Pound sterling atau sekitar Rp84 juta. Si penjual juga menyediakan alternatif yang lebih murah, yakni 30 Pound sterling atau sekitar Rp563 ribu, untuk yang berminat dengan salinannya.

4. Undangan Pernikahan

Anda juga bisa memiliki undangan pernikahan Charles dan Diana yang berakhir menyedihkan. Penawaran juga termasuk tiket Katedral St. Paul, sebuah daftar acara, dan bahkan tiket parkir.

Undangan tersebut aslinya dikirimkan untuk Mr T. Langley dan istrinya yang merupakan teman-teman Pangeran Charles. Anda bisa memilikinya dengan membayar 1.999,95 Pound sterling atau sekitar Rp37,5 juta.

3 dari 4 halaman

5. Gaun Diana

Gaun shift Andre Van Pier putih milik Diana bisa jadi milikmu dengan harga 11.340 Pound sterling atau sekitar Rp212 juta. Gaun tersebut sebelumnya dipajang di sebuah museum di Connecticut tetapi disisihkan karena harganya konservatif. Gaun dengan lengan gembung dan kerah emas itu juga memiliki surat keaslian.

6. Sepeda 'Malu'

Anda bisa memiliki sepeda yang pernah dimiliki oleh Pangeran Diana, yang disebut sebagai sepeda 'malu'. Diana yang baru saja bertunangan saat itu terpotret bersepeda mengelilingi Kensington dengan sepeda Raleigh Traveller biru, hingga orang-orang menyebut aksinya kurang bangsawan untuk Ratu Inggris masa depan. Sepeda itu ditawarkan 20 ribu Pound sterling atau sekitar Rp374 juta, atau dua kali lipat dibandingkan harga jual dua tahun lalu.

4 dari 4 halaman

Seputar Putri Diana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.