Sukses

Valencia Spanyol Jadi Kota Terbaik untuk Ditinggali Orang Asing

Liputan6.com, Jakarta - Valencia di Spanyol tak hanya mencuri perhatian di kancah sepak bola, tapi juga kualitas sebagai kota terbaik bagi orang asing alias ekspatriat. Di kategori yang sama, menempati posisi kedua, terdapat pula kota di Spanyol, yaitu Alicante.

Menurut survei tahunan InterNations, dua kota di Spanyol ini menempati posisi pertama dan kedua sebagai tujuan terbaik bagi ekspatriat untuk pindah. Peringkat Kota Ekspatriat 2020 mengidentifikasi bagaimana orang asing menilai kehidupan di kota-kota di seluruh dunia, dilansir dari laman Express, Selasa, 8 Desember 2020.

Tahun ini, Valencia meraih mahkota gaya hidup perkotaan kualitas terbaik. Diikuti oleh Alicante, yang menempati peringkat kedua.

Tak berhenti di dua kota, dari sepuluh metropolis ekspatriat teratas, empat kota di Spanyol lolos. Termasuk di antaranya adalah Malaga di tempat ke enam dan Madrid pada posisi ke sembilan.

Sorotan khusus untuk ekspatriat di Valencia termasuk perawatan kesehatan dan iklim setempat. "Kesehatan dan budaya sangat bagus di sini, di Valencia," kata seorang ekspatriat Prancis.

Namun, mereka menunjukkan bahwa mencari pekerjaan adalah perjuangan. 

Sementara itu, di Alicante, empat dari lima orang asingmengatakan mereka merasa betah di sana. Kota ini juga dielu-elukan sebagai surga pensiunan. "Saya sangat menyukai iklim, perawatan kesehatan, dan biaya bulanan yang rendah," komentar seorang ekspatriat Inggris.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 3 halaman

Kota Lain

Dalam survei tersebut, peserta diminta menilai 66 kota global berdasarkan lima aspek kehidupan tinggal di luar negeri. Ini termasuk kualitas kehidupan perkotaan, kemudahan untuk menetap, kepuasan kehidupan kerja, keamanan finansial dan perumahan, serta biaya hidup.

Beberapa subkategori juga disorot, seperti transportasi umum, iklim dan cuaca lokal, keamanan, keramahan penduduk setempat, serta pilihan rekreasi.

Setelah Valencia dan Alicante, ibu kota Portugal, Lisbon, menempati posisi ketiga dalam peringkat. Hampir sembilan dari sepuluh ekspatriat di Lisbon mengatakan mereka senang dengan pilihan rekreasi lokal. Selain itu, 96 persen ekspatriat di Lisbon mengaku puas dengan iklim dan cuaca setempat.

Seorang responden yang beremigrasi ke Lisbon dari Irlandia mengatakan bahwa Portugal secara umum adalah negara yang luar biasa indah, dengan banyak keistimewaan. Tapi, orang-orangnya baik, hidup santai, makanan dan minumannya enak, serta cuaca umumnya bagus.

Kota lain yang masuk dalam sepuluh besar termasuk Panama City, Panama; Singapura; Buenos Aires, Argentina; Kuala Lumpur, Malaysia; dan Abu Dhabi, UEA.

3 dari 3 halaman

Liburan Aman