Sukses

Rekomendasi 6 Kegiatan Seru di Kebun Raya, dari Bogor sampai Bali

Ragam kegiatan ini bisa dilakukan sembari menikmati nuansa sejuk khas Kebun Raya.

Liputan6.com, Jakarta - Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara disiplin, wisata outdoor jadi alternatif untuk sejenak melepas penat di masa pandemi corona COVID-19. Dari sekian banyak opsi, Kebun Raya jadi salah satu yang boleh dipertimbangkan.

Lokasinya yang tersebar di Bogor dan Cibodas, Jawa Barat; Porwodadi, Jawa Tengah; dan Bali membuat destinasi wisata ini punya segudang aktivitas seru bagi para pengunjung. Agendanya tinggal disesuaikan dengan keinginan dan opsi pengalaman pilihan setiap pelancong.

Berteman nuansa sejuk khas kebun raya, suasananya dijamin menyegarkan pandangan mata, tanpa terlena bahwa masih harus waspada walau sedang berwisata. Berikut sejumlah rekomendasi aktivitas yang bisa Anda lakukan di Kebun Raya.

1. Bersepeda

Mengayuh sepeda di tengah rimbun pepohonan tentu membuat aktivitas satu ini jadi kian menyenangkan. Dalam praktiknya, Kebun Raya Bogor bahkan sempat melengkapi keseruan acara We Own The Earth.

Dalam penyelenggaraannya, pesepeda didorong memakai kostum bertema vintage. Mereka juga bisa mengadopsi tanaman, serta menikmati suasana bazaar tanaman. Rangkaian acaranya dilakukan dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia.

2. Piknik

Piknik ala-ala dengan properti Instagram-worthy juga bisa dilakukan di Kebun Raya. Penawaran ini datang dari Kebun Raya Bali.

Pihaknya bakal menyewakan berbagai kebutuhan piknik untuk melengkapi pengalaman tersebut. "Jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku ya," tulis pihak kebun raya dalam keterangannya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

3. Melihat Koleksi Bunga

Berkunjung ke Kebun Raya, kurang afdal rasanya bila tak menengok koleksi bunga, di samping tentu saja tanaman lain, di sana. Kegiatan ini pun bisa dilakoni, salah satunya di Kebun Raya Purwodadi.

Selain menikmati pemandangan ragam warna bunga cantik, Anda tentu bisa menambah pengetahuan akan jenis maupun manfaat bunga tersebut. Keberadaannya juga cocok bagi yang suka hunting foto.

3 dari 6 halaman

4. Belanja Tanaman

Bagi Anda yang ingin berwisata outdoor sembari berburu tanaman, pergi ke Kebun Raya Cibodas bisa jadi salah satu alternatif. Melalui akun Instagram-nya, baru-baru ini, pihak Kebun Raya mempromosikan keberadaan Olive Store Kebun Raya Cibodas.

Di sana, pengunjung dijelaskan bisa memberi ragam merchandise khas Kebun Raya. Termasuk di dalamnya, yakni tumbler, kaus, juga tanaman yang bisa jadi pilihan menarik.

4 dari 6 halaman

5. Ikut Kelas Berkebun

Tak hanya kegiatan yang bisa dilakukan kapan pun, di beberapa waktu, pihak Kebun Raya juga menawarkan opsi lain untuk dinikmati. Salah satunya yang sempat ditawarkan Kebun Raya Bogor akhir Oktober lalu, yakni Kelas Berkebun.

"Kelas Dasar Berkebun akan membahas ilmu botani dasar, pengenalan umum kebun raya, hingga wawasan berkebun dasar secara ringkas yang dapat diikuti oleh semua kalangan," begitu keterangan yang dituliska

Anda bisa mengecek informasi lebih lanjut tentang aktivitas macam ini dengan mengikuti akun media sosial Kebun Raya.

5 dari 6 halaman

6. Mencicip Kuliner

Puas menikmati lanskap sekitar, Kebun Raya Bali mempersilakan pengunjung untuk mencicip ragam kuliner menggugah selera. "Teman #KebunRaya bisa menikmati hidangan di Kebun Raya Bali dengan membeli voucher F&B seharga Rp20 ribu yang bisa ditukar dengan makanan atau minuman," begitu tulis keterangan unggahan pada 17 Oktober 2020.

Lewat gambar tersebut, beberapa menu tampak dihidangkan. Opsinya mulai dari mi ayam, kentang goreng, nasi goreng, hingga sajian bercita rasa manis.

6 dari 6 halaman

Liburan Aman di Masa Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.