Sukses

Wisatawan Disarankan 3 Kali Tes Covid-19 Sebelum Bepergian dengan Pesawat

CDC menyarankan tiga tahapan tes Covid-19 bagi penumpang pesawat terbang karena masih sulitnya menerapkan protokol kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta -  Tes Covid-19 dengan hasil negatif menjadi salah satu standar kesehatan bagi para wisatawan yang akan melakukan perjalanan terutama saat naik pesawat terbang.

Namun Pusat Pengendalian Penyakit atau Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengatakan kemungkinan sekali tes Covid-19 tidak cukup, sehingga perlu dilakukan tiga kali.

Pihak CDC telah memperbarui pedoman mereka sendiri untuk merekomendasikan agar para wisatawan melakukan tiga kali tes corona Covid-19. Hal ini dilakukan setelah kasus yang terus melonjak di seluruh Amerika Serikat.

Dilansir dari laman Lonely Planet, 29 November 2020, tiga tes tersebut adalah tes virus antara satu hingga tiga hari sebelum berpergian, tes kedua yaitu dua sampai tiga hari sebelum kembali ke negara asal. Sedangkan tes ketiga dilakukan sekitar lima hari setelah tiba.

Masih sulitnya penerapan protokol kesehatan, terutama jarak sosial aman antar penumpang di bandara, membuat CDC menyarankan agar menunggu hingga hasil tes keluar kemudian berpergian. Kalau tidak, maka sebaiknya rencana perjalanan ditunda terlebih dahulu.

"Kalau masih menunggu hasil tes keluar, sebaiknya tunda dulu rencana perjalanan. Karena jarak sosial masih sulit dilakukan saat berada di bandara. Pengujian sebelum dan sesudah perjalanan bisa mengurangi risiko penyebaran," terang perwakilan CDC.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pedoman Global Tes Covid-19

CDC juga merekomendasikan agar orang-orang tetap di rumah selama tujuh hari setelah kedatangan, meskipun hasil tes Covid-19 mereka negatif.

Beberapa waktu lalu, gencar pemberiaan tentang perlunya manual atau pedoman global untuk pelaksanaan tes Covid-19 bagi penumpang pesawat.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) juga sedang meninjau manual penerbangan global yang menyerukan penggunaan tes sangat andal saat menyaring penumpang untuk mendeteksi Covid-19 menjelang penerbangan. Saat ini, sejumlah maskapai dan bandara di sejumlah negara mendorong adanya pedoman pengujian global yang seragam.

Hal tersebut dianggap penting untuk mengesampingkan persyaratan karantina ketat yang selama ini membuat penurunan perjalanan orang yang signifikan.

3 dari 3 halaman

Cara Hindari Covid-19 Saat Bepergian dengan Pesawat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.