Sukses

Seberapa Banyak Harusnya Anda Habiskan Uang untuk Beli Kado Pernikahan?

Lalu, bagaimana juga bila berencana memberi kado pernikahan dalam sebuah grup?

Liputan6.com, Jakarta - Tak semata soal apa, namun berapa alokasi dana untuk membeli kado pernikahan acap kali jadi dilema. Anda tentu tak mau dipandang tak tulus memberi karena salah kalkulasi.

Melansir laman Vogue US, Senin, 30 November 2020, Kylie Carlson, CEO International Academy of Wedding & Event Planning, memberi sejumlah pandangannya. Menurut sebuah penelitian baru-baru ini dari American Express Spending and Saving Tracker, jumlah rata-rata yang akan dibelanjakan orang Amerika Serikat untuk hadiah pernikahan adalah 99 dolar Amerika (Rp1,4 juta).

Tapi, angka itu merujuk saat Anda adalah teman pasangan tersebut. Anggota keluarga diproyeksikan menghabiskan setidaknya 127 dolar Amerika (Rp 1,8 juta). Carlson mengatakan, formalitas pernikahan memengaruhi sejumlah elemen, termasuk waktu dan pakaian, tapi faktor itu tak ada kaitannya dengan biaya hadiah.

"Apa yang Anda berikan pada pasangan harus secara eksklusif bergantung pada hubungan Anda dengan pasangan yang bahagia. Juga, sesuai kemampuan Anda sendiri," katanya. "Tak ada tamu yang merasa perlu terlalu memaksakan diri dengan hadiah."

Demikian pula saat sahabat baik Anda mengadakan pernikahan mengundang hanya 10 orang di halaman belakang rumahnya. Kondisi ini bukan berarti Anda harus memberi kado pernikahan sangat mahal.

Selain itu, jika Anda kebetulan menghadiri beberapa acara untuk pasangan tersebut, pertimbangkan aturan 60-20-20. Artinya, Anda menghabiskan 20 persen dari total anggaran untuk hadiah pertunangan, 20 persen untuk hadiah bridal shower, dan 60 persen untuk hadiah pesta pernikahan yang sebenarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bagaimana dengan Memberi Kado Pernikahan sebagai Grup?

Jika satu-satunya opsi kado pernikahan melebihi anggaran Anda atau benar-benar ingin memberi hadiah besar pada pasangan yang Anda tahu akan mereka sukai, bergabunglah dengan sekelompok teman.

Bagi pengiring pengantin wanita dan pria yang telah menghabiskan cukup banyak uang untuk gaun pengiring pengantin, pesta bujang, dan bridal shower, ini adalah cara yang sangat bijaksana untuk memberi hadiah.

Sistem itu memungkinkan pasangan menerima 'hadiah besar' di pesta pernikahan. Di saat bersamaan, setiap orang biasanya dapat menghemat pengeluaran secara individual.

3 dari 3 halaman

Bedanya Kartu Nikah dengan Buku Nikah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.