Sukses

YouTuber Indonesia Pakai Batik di Karpet Merah Premiere Film Korea Selatan

Gaun beraksen motif batik tersebut dipadankan YouTuber Indonesia, Sunny Dahye, dengan gaya busana ala Korea Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai salah satu wastra sarat makna, kain batik acap kali jadi cara merepresentasi kultur Indonesia di banyak kesempatan. Gagasan itulah yang diboyong seorang YouTuber Indonesia yang dikenal lewat nama Sunny Dahye.

Perempuan yang kini tinggal di Seoul, Korea Selatan tersebut berkesempatan mengenakan busana berunsur motif batik saat menghadiri premiere film Influencer, baru-baru ini. Pengalaman karpet merah pertama Sunny di Negeri Ginseng pun dibagikan dalam vlog yang diunggah ke kanal YouTube-nya, Minggu, 29 November 2020.

Di sana, dara yang sempat tinggal di Bali tersebut menceritakan bahwa awalnya, ia memutuskan memakai korean style gown. Namun, outfit tersebut dinilai tak punya titik menarik, mengingat Sunny ingin mengenang baik memori karpet merah pertamanya.

Akhirnya, ia ingat punya gaun batik yang sempat dipakai saat jadi bintang tamu sebuah acara di televisi nasional Indonesia. "Baru kupakai sekali itu," katanya dalam video berdurasi hampir 18 menit tersebut.

Juga, dalam keterangan gambar di unggahan memperlihatkan busana tersebut di akun Instagram-nya, figur yang juga merupakan beauty and fashion influencer tersebut ingat bahwa dirinya diundang sebagai influencer.

"Sebagai seseorang yang besar di Indonesia, aku pengin gimana pun caranya biar Indonesia terlihat di mata berita Korea dan aku pengin banget memperlihatkan betapa cantiknya motif batik Indonesia," tulis Co-Founder label kosmetik, House of HUR, tersebut.

Gaun motif batik berpotongan off-shoulder tersebut akhirnya dikombinasikan dengan sentuhan busana Korea Selatan berupa long cardigan berwarna hitam. Juga, disempurnakan dengan pemakaian walker boots.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dimuat Media Korea

Gaun beraksen motif batik ini, berdasarkan keterangan yang ditulis Sunny Dahye, merupakan busana keluaran label EDNA. Dalam deskripsinya, label mode ini menjelaskan bahwa produknya merupakan padanan kekayaan warisan Indonesia dan semangat kuat dari tren yang terus berubah.

Busana yang dikenakan Sunny itu merupakan Nyx’s Before Midnight Dress. Dengan penampilan tersebut, kehadiran Sunny dimuat di dua media Korea. "Terima kasih banyak sudah menulis artikel yang sangat hangat ini dan terima kasih sudah memberikan aku kesempatan untuk bisa memperlihatkan kecantikan batik di Korea," tulisnya.

Dengan busana berwarna gelap tersebut, sang influencer sengaja memulas makeup bernuansa pinkish yang memberi kesan segar nan cerah di wajahnya. Dalam video tersebut, Sunny sempat menyebut bahwa look-nya sedikit-banyak mengadaptasi red carpet makeup di Korea yang cenderung natural.

Juga, ia sengaja tak memilih makeup yang membuatnya menonjol secara berlebihan. "Takutnya jadi kurang sopan karena harusnya pemain utama film tersebut yang jadi pusat perhatian," tuturnya.

3 dari 3 halaman

Cuci Tangan, Yuk!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.