Sukses

Hadapi Corona Covid-19, Para Pekerja EO Bentuk Forum Backstagers Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi corona Covid-19 berdampak luas terhadap berbagai industri di tanah air, salah satunya industri event atau penyelenggara acara. Hal itu terjadi karena adanya aturan untuk menghindari kerumunan, sehingga seluruh kegiatan event hampir mati suri.

"Ya, di masa pandemi ini kami semakin kompak, dan akhirnya menjadi anomali, di mana grafik negatif ini kami twist menjadi grafik positif dengan kami membentuk perkumpulan berbadan hukum bernama Forum Backstagers Indonesia," kata  Founder dan Ketua Steering Committee, Krisnanto Sutrisman, dalam siara pers yang diterima Liputan6.com, Jumat, 28 November 2020.

Krisnanto menambahkan, pihaknya menyikapi pandemi dengan menerapkan protokol kesehatan pada sebuah kegiatan yang mereka laksanakan. "Kewajiban jaga jarak, pakai masker, cuci tangan dan check suhu tubuh sudah menjadi standar. Termasuk pada kegiatan Munas kemarin yang yang kamin selenggarakan dengan protokol Kesehatan," lanjut Krisnanto.

Forum Backstagers Indonesia lahir sebagai pewujudan belum adanya perkumpulan berbadan hukum khusus Event Organizer (EO) setingkat nasional. Selain itu, forum tersebut mendorong terbentuknya kesatuan untuk bersama.

"Kami juga akan merumuskan dan memperbaiki regulasi tentang event, mendorong dan merumuskan munculnya sertifikasi profesi di bidang event dan sertifikasi perusahaan event, kami juga akan membangun institusi pendidikan khusus event," kata Krisnanto.

2 dari 4 halaman

Berawal dari Komunitas

Sebelum menjadi forum, Komunitas Backstages Indonesia sudah berdiri sejak tujuh tahun lalu dengan banyak kegiatan dan anggotanya yang terus bertambah. Dengan berbadan hukum menjadi langkah besar menuju persatuan, persamaan kualitas, dan perkembangan setiap bisnis EO para anggotanya.

"Backstagers Indonesia awalnya adalah sebuah perkumpulan Komunitas yang berisi perusahaan event organizer se-Indonesia ditambah para pelaku dan pekerja event, baik itu vendor dan para pekerja freelance. Komunitas digagas, dibangun dan dibesarkan oleh sepuluh orang para pemilik perusahaan EO yang disebut sebagai The Founders," kata Krisanto.

Saat ini Forum Backstagers Indonesia diketuai oleh Sofyan Nasution. Acara pemilihan ketua tersebut dilaksanakan secara virtual pada 27 November 2020 yang dihadiri oleh 143 Event Organizer dari 23 provinsi di Indonesia.

3 dari 4 halaman

Infografis 9 Cara Aman Menonton di Bioskop Saat Pandemi

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini: