Sukses

Ketika Politik Nasi Goreng Lebih Riuh dari Isu Amerika Serikat-Tiongkok

Liputan6.com, Jakarta - Tiongkok dan Amerika Serikat boleh saja terlibat perang dingin, walau terpilihnya Joe Biden memberi peluang baru, sementara dunia masih diganggu pandemi COVID-19. Tapi, menurut kolumnis, Alex Lo, kontroversi terbesar di internet tentang pembagian Timur-Barat justru tentang cara memasak nasi goreng.

Pembagiannya, melansir laman South China Morning Post, Sabtu, 21 November 2020, soal budaya Tiongkok dan kesopanan koki non-China yang mencoba menyajikan atau mengajar cara memasak hidangan populer tersebut.

Semuanya dimulai pada Juli, ketika komedian Malaysia-Tiongkok, Nigel Ng, atau lebih dikenal dengan nama Uncle Roger. Kala itu, ia mengomentari acara memasak di BBC yang dibawakan chef Hersha Patel, perempuan berkebangsaan Inggris-India.

Uncle Roger telah menciptakan persona ini, di mana pada dasarnya mengomentasi semua yang dilakukan Patel selama pertunjukan. Tapi, dosa terbesarnya dalam memasak nasi goreng ada tiga. Pertama, tak menggunakan sisa nasi semalam.

Lalu, tak mencuci beras yang masih mentah, dan, terakhir, mengeringkan nasi yang setengah matang. Di sela-sela itu, ia membuat begitu banyak kesalahan sehingga Anda benar-benar harus menonton klip aslinya. Ia juga disebut tak memiliki wajan yang layak.

Uncle Roger sendiri sangat kritis, terpaku pada cara dan pandangannya sendiri tentang dunia, dalam kasus ini bagaimana memasak nasi goreng yang benar. Sejak itu, klip tersebut telah ditonton hampir 19 juta kali.

2 dari 3 halaman

Pancing Debat Sengit

Ulasannya tentang nasi goreng yang menghasilkan ribuan klip YouTube, dengan pembulatan di Patel dan yang lain membelanya. Koki profesional dari berbagai kebangsaan berdebat sengit tentang cara memasak nasi goreng "asli."

Influencer yang biasanya tak berkomentar tentang makanan telah merespons klip tersebut dan saling mengomentari video aslinya. Patel tentu tahu cara memasak nasi, terutama basmati.

Tapi, ia menjelaskan diberi 'resep konyol' oleh produser BBC. Akan menyenangkan jika Uncle Roger memasak hidangan India dengan nasi basmati dan Patel mengomentarinya. Keduanya sejak itu justru jadi teman.

Uncle Roger sendiri memiliki karier baru meninjau koki lain yang memasak nasi goreng. Mungkin inilah yang terjadi pada orang-orang yang terlalu lama dikurung di rumah selama pandemi. Tak banyak yang bisa dilakukan dan dunia nyata adalah tempat yang terlalu menakutkan untuk dihadapi. Jadi, menurut Lo, kebanyakan orang sibuk pada cara memasak nasi goreng "asli."

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: